Muslim Australia Manfaatkan Puasa Tahun Ini Untuk Time Out

 Muslim Australia Manfaatkan Puasa Tahun Ini Untuk Time Out


HIDAYATUNA.COM, Sydney – Dalam menyambut datangnya bulan Ramadhan, sekelompok Muslim di Sydney, Australia menggelar acara online “Ramadan Re-Imagined”. Dalam kegiatan itu mengundang salah satu ustad ternama di dunia. Salah satunya adalah Belal Assaad, imam dan ustaz asal Melbourne.

Dilansir dari ABC Australia sebagaimana dikutip Detik, Belal Assaad menjelaskan, dilihat dari pandangan Islam dan secara spiritual, pembatasan sosial yang berlaku di banyak negara saat ini harus dimaknai sebagai kesempatan untuk mengambil “time out” atau waktunya istirahat.

Belal Assaad mengatakan menjalankan ibadah Ramadhan di rumah menjadi pengingat bahwa bulan puasa bukan berarti penuh dengan perayaan saja. Ia yakin, Ramadhan di tengah isolasi sebenarnya adalah waktu untuk belajar kesabaran dan ketulusan yang sebenarnya, bukan karena orang lain.

Belal mengingatkan umat Islam tak perlu khawatir karena tidak dapat ke masjid atau pertemuan sosial di bulan Ramadhan tahun ini. “Kita hanya perlu khawatir tentang hati kita dan cerminan siapa kita,” kata Belal dalam ceramah online tersebut dikutip Sabtu (25/4/2020).

Menurutnya, ibadah tidak hanya dalam satu jenis saja, dan yang terpenting bagi umat Islam adalah karakter dan melayani orang lain, termasuk yang bukan Muslim. Tidak bisa mengadakan kegiatan sosial selama Ramadhan, seperti berbuka puasa, menurutnya malah menjadi sesuatu yang baik untuk dilakukan.

“Mungkin Allah ingin mengajari kita untuk tidak boros dalam mengkonsumsi makanan atau hanya pada aspek yang menghiburnya saja.”

Sebagai gantinya, ia menyarankan agar setiap Muslim berbagi makanan dengan tetangga mereka.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply