Warga Keluar Rumah mendengar Adzan berkumandangkan di Australia

 Warga Keluar Rumah mendengar Adzan berkumandangkan di Australia

HIDAYATUNA.COM – Untuk pertama kali sejak Ramadhan, pemerintah Australia mengizinkan masjid Lakemba yang merupakan masjid terbesar di Australia mengumandangkan adzan dengan pengeras suara. Hal ini dilakukan untuk menghidupkan kembali suasana Ramadhan di Australia yang meredup imbas Covid-19.

“Seperti yang Anda tahu, karena wabah Covid-19 ini umat Islam seperti kehilangan suasana Ramadhan. orang-orang pun tidak ingin kehilangan atmosfer Ramadhan, karenanya Masjid Lakemba memutuskan untuk mengumandangkan adzan dengan pengeras suara,” kata Direktur Eksekutif Asosiasi Muslim Lebanon, Ahmad Malas, menurut laporan SBS Arabic24.

Sebagai masjid terbesar di Australia, kegiatan di Masjid Lakemba cukup aktif, apalagi saat Ramadhan. Masjid yang mampu menampung hingga 10.000 jamaah ini selalu menyediakan buka bersama, shalat berjamaah, bahkan bazar Ramadhan, namun adzan dengan pengeras suara justru belum pernah dilakukan.

Karenanya adzan pertama kali selama bulan ramadhan dengan pengeras suara tersebut mendapatkan respon yang luar biasa oleh masyarakat terutama muslim disana. Malas menceritakan bahwa banyak warga Lakemba yang keluar rumah hingga memberhentikan mobil mereka untuk mengabadikan Australia momen adzan maghrib atau saat berbuka puasa tersebut.

“Banyak penduduk di Lakemba adalah muslim dan mereka sangat terkejut mendengar azan ketika mereka berbuka puasa, beberapa diantara mereka bahkan sampai keluar rumah karena begitu antusiasnya,” tutur Malas.

“Bahkan para pengemudi mobil menepikan dan memberhentikan mobil mereka di sekitar masjid untuk keluar dari kendaraanya dan merekam momen tersebut serta mengunggahnya di media sosial. Akhirnya video-video tersebut tersebar hingga di negara-negara Arab,” ungkap malas. (AS/Hidayatuna)

Redaksi

Terkait

Leave a Reply