Menyambut Ramadhan, Mengenal Tradisi Cucurak Di Bogor

 Menyambut Ramadhan, Mengenal Tradisi Cucurak Di  Bogor

HIDAYATUNA.COM – Banyak cara dalam menyambut bulan suci Ramadhan. Salah satunya dengan menggelar tradisi cucurak, seperti yang dilakukan masyarakat Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Cucurak adalah suatu kebiasaan masyarakat di Kota Hujan, Jawa Barat. Dimana setiap menjelang Ramadhan, atau seminggu sebelum puasa dimulai akan diadakan acara kumpul – kumpul. Baik itu berkumpul dengan keluarga besar, berkumpul bersama sahabat, berkumpul Bersama di kantor ataupun teman – teman sekolah.

Cucurak bisa jadi simbol kebersamaan perkawanan dan persaudaraan. Karena rata-rata yang mengadakan Cucurak pasti ada hubungan pertemanan atau persaudaraan yang erat.

Cucurak bisa di lakukan dimana saja, baik di sekolahan, di kantor, di tempat wisata, di rumah, di luar rumah dan lain-lain.

Cucurak Menjadi Simbol Kebersamaan - Fajar Bogor

Makanan yang yang di sajikan pun cukup sederhana yaitu  nasi,  lalapan, Jengkol, sambal lauk Ikan asin. Nasi dan lauk kemudian di taruh di daun pisang yang di tata memanjang diatas rumput atau lantai.

Ada tiga tradisi yang biasa dilakukan oleh masyarakat Bogor dalam menyambut datang bulan Ramadhan adalah ziarah, cucurak, dan munggah.

Ziarah berarti bersilaturahim kepada orang yang telah meninggal. Cucurak adalah bersilaturahim kepada orang yang masih hidup. Sedangkan, munggah adalah mempersiapkan makanan menjelang puasa pertama.

Selain berbentuk syukuran, tradisi cucurak diisi dengan acara saling memaafkan antara anak, istri, suami, orang tua, keluarga dan masyarakat sekitar sebelum bulan puasa.

Pesan Positif Tradisi Cucurak

  1. Memanjatkan Rasa Syukur

Cucurak bisa berarti kita berkumpul memanjatkan Syukur Kehadirat Ilahi karena masih diberi kesempatan dengan Ramadhan kembali serta memanjatkan syukur akan limpahan anugerah rejeki yang diberikan.

  • Menjalin Silaturahmi

Entah karena berbagai kesibukan atau apapun, cucurak bisa menjadi ajang silaturahmi baik internal keluarga, teman atau sesama Instansi kantor.

  • Menjalin Kekompakan

Diharapkan dengan kegiatan Cucurak dalam meningkatkan Kekompakan terlebih dalam membangun sebuah team di kantor. Salain itu juga tercipta aura positif diantara sesama teman di kantor.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply