Mengenal Sumur Tuwa Tempat Mandi Rasulullah Setelah Haji

 Mengenal Sumur Tuwa Tempat Mandi Rasulullah Setelah Haji

Mengenal Sumur Tuwa Tempat Mandi Rasulullah Setelah Haji


HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Salah satu situs bersejarah yang banya dikunjungi jamaah haji di Makkah adalah Sumur Tuwa atau Bir Tuwa (Arabic: بئر طوى). Terletak di kawasan Jarwal, Kota Makkah, Arab Saudi, keberadaan Sumur Tuwa dulu pernah digunakan oleh Rasulullah SAW untuk mandi setelah melaksanakan ibadah haji.

Hingga kini, Sumur Tuwa tersebut masih terjaga. Warga sekitar biasa mencuci buah dan sayur-sayuran serta peralatan lainnya di tempat ini. Hal sama juga dilakukan para jamaah haji lainnya yang penasaran dengan tempat ini.

Ada sebuah riwayat yang menyebutkan bahwa Rasulullah SAW kerap mengunjungi tempat ini. Berdasarkan lokasinya, Sumur Tuwa terletak di jalan menuju arah Masjid Nabawi. Setiap tahun para jamaah haji mengunjungi sumur ini sebagai tempat ‘wajib’ yang harus dikunjungi di Makkah.

Dari tahun ke tahun, tempat ini semakin banyak didatangi pengunjung. Situasi ini memicu orang saling berdesak-desakan, karena memang area Sumur Tuwa ini sangat sempit.

Untuk itu, alangkah lebih baiknya jika Anda mengunjungi tempat ini tak perlu kiranya mengambil air untuk keperluan mandi, karena memang situasinya tidak memungkinkan.

Sebagai informasi, sejak Rasulullah SAW mandi di tempat ini, air yang berada di Sumur Tuwa tampak selalu penuh dan jernih. Jadi tak ada salahnya jika saat haji atau umrah, kalian bisa menjadikan tempat ini masuk ke dalam list situs yang bisa dikunjungi di Makkah.

Saat ini, pemerintah Arab Saudi sedang melakukan penataan dan memasang pembatas di sekeliling lokasi tersebut. Langkah dilakukan untuk mencegah adanya kerusakan pada Suwur Tuwa tersebut.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply