Menag Imbau Seluruh Peralatan Masjid Harus Steril

 Menag Imbau Seluruh Peralatan Masjid Harus Steril


HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi menghimbau kepada seluruh pengurus masjid di Indonesia untuk selalu menjadikan lingkungan masjid steril demi menanggulangi penularan wabah virus corona, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Covid-19.

“Kami mengimbau seluruh masjid di tanah air untuk mengulung karpet dan melakukan pembersihan secara menyeluruh guna memberikan rasa nyaman dari resiko penularan virus corona kepada umat dalam menjalankan ibadah,” kata Fachrul Razi dilansir dari laman resmi Kemenag, Kamis (19/3/2020).

Menurut Fachrul Razi imbauan agar mengulung karpet dan melakukan pembersihan menyeluruh tersebut merupakan arahan Presiden Joko Widodo. Selain mengulung karpet Menag juga mengimbau setiap masjid dilengkapi dengan alat deteksi suhu tubuh.

“Ya kalau suhu tubuhnya dinyatakan tidak normal maka disarankan jemaah tidak memasuki masjid demi kenyamanan dan kesehatan jemaah lainnya. Insyaallah bila tidak ada perubahan, penyelengaraan buka puasa ramadhan, salat Tarawih serta shalat Witir tahun ini dapat digelar di Masjid Istiqlal,” ujarnya.

Selama di Istiqlal, Menag mendapingi Jokowi berkeliling di ruang shalat utama dan meninjau proses pembersihan masjid dengan melakukan penyemprotan disinfektan oleh personel Palang Merah Indonesia (PMI) dibantu jajaran prajurit TNI Angkatan Darat yang mengenakan pakaian hazmat.

Dirinya menambahkan terkait imbauan pembersihan masjid dan mengulung karpet tersebut, pihaknya akan menhintruksikan kepada jajaran Kemenag di provinsi hingga kabupaten untuk segera menindaklanjuti imbauan pembersihan masjid dan menjadikannya steril sebagai upaya mengurangi risiko penularan penyakit virus corona (Covid-19).

Redaksi

Terkait

Leave a Reply