Mbah Moen Jelaskan 5 Kunci Gapai Keberkahan Bekerja

 Mbah Moen Jelaskan 5 Kunci Gapai Keberkahan Bekerja

Mbah Moen Jelaskan 5 Kunci Gapai Keberkahan Bekerja (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Ulama karismatik, KH. Maimoen Zoebair atau Mbah Moen, pernah memberikan wejangan tentang lima dasar pekerjaan yang memiliki nilai keberkahan.

Mbah Moen mengatakan secara rinci apa saja syarat yang harus diperhatikan dalam menggapai nilai keberkahan dalam pekerjaan.

Pertama, kata Mbah Moen, jangan melalaikan hal yang wajib demi pekerjaan, seperti melalaikan shalat, zakat demi pekerjaan atau hal lainnya.

“Jangan menelantarkan atau mengurangi kewajiban karena lebih mementingkan pekerjaan,” ungkap beliau dikutip dari akun instagram @ngajigusbaha, Senin (25/04/2022).

Kedua, jangan sampai, dalam hubungan muamalah atau transaksi merugikan orang lain. Dalam arti hindari penipuan atau berbohong ketika melakukan suatu pekerjaan.

“Jangan sampai kita menyakiti orang lain gara-gara pekerjaan,” kata pengasuh Pondok Pesantren Al-Anwar, Sarang, Rembang ini.

Ketiga, beliau mengatakan, bekerjalah untuk melindungi diri serta segenap keluarga dari meminta-minta. Selain itu, keempat jangan memforsir diri dalam pekerjaan, sampai tidak ada waktu untuk melakukan hal-hal lain.

Terakhir, meyakini bahwa rezeki atau pekerjaan yang diperoleh merupakan ikhtiar sebagai bentuk ibadah. “Jangan meyakini rezeki datang dari pekerjaan. Sebab, sumber dari segala sumber rezeki adalah Allah,” tandasnya.

Romandhon MK

Peminat Sejarah Pengelola @podcasttanyasejarah

Terkait

Leave a Reply