Masjidil Haram siapkan Gerbang Sterilisasi Covid-19

 Masjidil Haram siapkan Gerbang Sterilisasi Covid-19

HIDAYATUNA.COM – Meskipun sejak kemarin (6/5) angka kasus infeksi Covid-19 di Arab Saudi melonjak menjadi 31.938 kasus namun hal tersebut tidak menghalangi rencana pemerintah arab saudi membuka kembali dua masjid terbesar mereka yaitu Masjidil Haram dan Masjid Nabawi untuk seluruh umat Muslim di dunia.

Akan tetapi pemerintah Arab Saudi juga sedang menyiapkan protokol ketat untuk menghindari penyebaran Covid-19 di area masjid, salah satunya dengan memasang gerbang sterilisasi.

Nantinya semua jamaah yang akan memasuki kedua masjid tersebut diharuskan untuk melewati gerbang sterilisisasi, sebagaimana dilansir Dilansir dari laman Alyaum pada Kamis (7/5/2020).

Cara kerja gerbang sterilisasi ini adalah dengan menyemprotkan cairan antiseptik ke tubuh para jamaah secara otomatis dengan adanya kamera termal yang berfungsi mendeteksi suhu tubuh beberapa orang sekaligus dari jarak 6 meter.

Kamera termal tersebut cukup canggih karena disebutkan dapat mendeteksi suhu tubuh beberapa orang jamaah sekaligus dalam waktu 1 detik.

Sebelumnya Imam Besar Masjidil Haram Syekh Abdurrahman Al Sudais juga telah mengungkapkan beberapa program keamanan untuk pencegahan Covid-19 di area masjidil haram diantaranya adalah dengan melakukan penyuluhan kepada para petugas kebersihan masjid tentang tata cara penggunaan handsanitizer dan masker yang benar.

Namun hingga informasi ini diturunkan belum diketahui kapan dua masjid suci umat Islam tersebut akan dibuka, meskipun Syekh Al Sudais telah mengatakan waktu dibukanya Masjidil Haram dan Masjid Nabawi tidak akan lama lagi. (AS/Hidayatuna)

Redaksi

Terkait

Leave a Reply