Masjidil Haram Lengang Pasca Penangguhan Umrah

 Masjidil Haram Lengang Pasca Penangguhan Umrah

Dalam upayannya untuk mencegah penyebaran wabah virus corona, kini situasi Masjidil Haram lengang pasca penangguhan umrah

HIDAYATUNA.COM – Demi mengantisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19, Pemerintah Arab Saudi memutuskan menghentikan sementara kunjungan umrah dari semua negara.

Maka secara bertahap, negara-negara yang sudah memiliki jadwal perjalanan umrah, dipending untuk sementara waktu, termasuk perjalanan umrah dari Indonesia.

Pasca pemerintah memutuskan penghentian bsementara itu, Masjidil Haram di tanah Mekkah, Arab Saudi, menjadi sepi sama sekali.

Seperti nampak dalam foto yang diambil oleh wartawan Reuters, Yasser Bakhsh/Pras
pada Kamis (5/3/2020) malam. Dalam foto tersebut Ka’bah yang biasanya ramai oleh umat Islam beridah menjadi sepi bak gurun pasir tanpa pohon atau gedung-gedung pencakar langit.

Begitu pula dengan potret yang diabadikan oleh Ganoo Essa/Pras, wartawan Reuters pada Jumat (6/3/2020) siang. Dalam foto tersebut, nampak nyaria tak seorang pun yang menjalankan ibadah. Hanya segelintir orang nampak di sekitar Ka’bah.

Terkait Pemerintah Arab Saudi yang melakukan moratorium umrah, Wakil Presiden Ma’ruf Amin memahaminya. Dia menyebut saat ini virus corona telah menyebar ke berbagai negara.

“Mereka (Arab Saudi) punya pertimbangan untuk menyelamatkannya, karena mulai ada yang terjangkit. Saya dengar juga tidak hanya umrah dari luar negeri, umrah lokal mereka (jemaah Arab Saudi) juga,” ucap Wapres Ma’ruf Amin dalam kunjungan kerja di Pekanbaru, Riau, Jumat (6/3/2020) kemari.

Mantan Rais ‘Aam PBNU itu menyakini penghentian sementara umrah demi kepentingan yang lebih besar.

“Artinya mereka sangat masif untuk mencegah penyebaran. Corona itu makin lama makin berkembang,” jelas Wapres. (AS/Hidayatuna.com)

Redaksi

Terkait

Leave a Reply