Masjid di Blackburn Inggris Manfaatkan Siaran Daring untuk Sapa Jamaah

 Masjid di Blackburn Inggris Manfaatkan Siaran Daring untuk Sapa Jamaah


HIDAYATUNA.COM, Blackburn – Sebagai upaya agar tetap terhubung dengan para jamaah di tengah pembatasan berkumpul akibat wabah corona, sebuah masjid di Blackburn, Inggris yakni Masjid e Tauheedul Islam memanfaatkan siaran daring untuk menyapa para jamaah mereka.

Dilansir dari Tempo sebagaimana dikutip dari Arab News melaporkan saat situasi lockdown akibat pandemi virus corona, hampir seluruh masjid di Inggris meningkatkan semua layanan daring atau online.

“Masjid e Tauheedul Islam sedang berusaha menyampaikan program yang bermanfaat bagi masyarakat sepanjang hari,” kata Imam Masjid e Tauheedul Islam Suhail Adam Manya dikutip Jumat, 1 Mei 2020.

Adapun siaran ceramah di lakukan melalui situs web masjid dan saluran Mixlr. Yakni sebuah aplikasi untuk membuat stasiun radio.

“Sebelum Ramadan, kami biasa menyiarkan ceramah setelah waktu shalat. Tetapi selama bulan suci ini sedang menggenjot produksi,” jelasnya.

Tidak hanya itu, pihak masjid juga menyediakan siaran untuk kebutuhan anak-anak. Di antaranya adalah tentang cerita-cerita islami.

“Anak-anak dapat mendengarkan cerita dan akan diberikan tantangan untuk menyelesaikannya secara daring (online),” ujar Manya.

Ia menambahkan, bahwa siaran itu menyediakan hadiah untuk anak-anak, agar mereka memiliki keinginan untuk berkegiatan.

Saat ini, kata Manya, saluran daring Mixlr masjid ini sudah disukai oleh lebih dari 165.000 mendengarkan sejak karantina wilayah (lockdown) dimulai. Jumlah tersebut sangat lah banyak.

Itu artinya program daring ini diterima secara baik oleh publik. Selain itu, program masjid meluncurkan program untuk membantu komunitas di Blackburn sejak masa karantina.

“Kami mengirimkan selebaran dengan kurma ke rumah-rumah di komunitas ketika karantina diberlakukan,” katanya. Program semacam itu, kabarnya juga dilakukan seluruh masjid di Inggris.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply