Manfaat Tadarus Alquran bagi Kesehatan

 Manfaat Tadarus Alquran bagi Kesehatan

Ilmu Ma’ani Alquran, cara mudah memahami firman Allah (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Membaca Alquran disarankan untuk diucapkan secara lisan atau disuarakan. Minimal terdengar oleh telinga sendiri. Tadarus Alquran juga memiliki hikmah tersendiri, terlebih jika dilakukan secara berjemaah.

Hal itu disampaikan oleh anggota Lembaga Kesehatan (LK) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dr Abdul Aziz dalam galawicara bertajuk Hikmah Tadarus Alquran dan Kesehatan pada Sabtu (09/04).

Dr Abdul Aziz menjelaskan bahwa suara-suara yang dikeluarkan dalam kegiatan tadarus Alquran dapat menimbulkan frekuensi yang membentuk energi positif. Bahkan, sangat bermanfaat bagi kesehatan dan memunculkan kebahagiaan.

“Apabila kita melafalkan tadarus Alquran dengan tartil, pelan, makharijul huruf dan panjang-pendeknya (benar), maka itu sangat bermanfaat bagi kesehatan,” ungkap Dr. Abdul Aziz dilansir dari NU Online, Senin (11/04/2022).

Ia menjelaskan bahwa suara seseorang saat membaca Alquran akan membuat seluruh sel di dalam tubuh terstimulan untuk beraktivasi dengan baik. Terlebih, dr Abdul Aziz menyebut bahwa 70 persen dari kandungan komponen di dalam tubuh seseorang berasal dari air.

Menurutnya hal itu sejalan dengan penelitian dr Masaru Emoto dari Jepang yang menyebutkan bahwa ucapan, pikiran, doa, kata-kata, dan tulisan yang baik akan direspons oleh air. Air akan memberikan respons terhadap stimulan yang ada di sekitarnya dengan baik.

“Tergantung dari ucapan atau kata-kata itu. Kalau ucapannya buruk maka akan direspons dalam bentuk kristal-kristal yang buruk. Kalau kata-kata, ucapan, doa, apalagi tadarus Alquran maka akan direspons dengan baik,” jelas Abdul Aziz.

Tadarus Alquran berperan positif membentuk faali (gerak) psikologis di dalam tubuh seseorang menjadi nyaman dan tenang. Kemudian ketenangan itu akan menimbulkan hormon endorfin, setara dengan hormon morfin di dalam tubuh.

“(Hormon itu) tidak didapatkan dari luar, tetapi dari dalam tubuh kita yang akan bisa mendapatkan hormon endorfin, hormon kebahagiaan. Hormon endorfin ini fungsinya sangat banyak. Di antaranya bisa mereduksi atau menghilangkan potensi timbulnya sel-sel kanker yang ada di dalam tubuh kita,” tandasnya.

Romandhon MK

Peminat Sejarah Pengelola @podcasttanyasejarah

Terkait

Leave a Reply