Mahfud MD: Halalbihalal Tidak Harus Berkerumun

 Mahfud MD: Halalbihalal Tidak Harus Berkerumun

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Menjelang hari raya Idul Fitri Menteri Koordinasi Bidang Politik, Hukum dan Kemanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menghimbau kepada umat Islam untuk tetap melaksanakan protokol pencegahan Covid-19 sesuai dengan anjuran medis maupun pemerintah.

Termasuk dalam melaksanakan tradisi halalbihalal selama hari raya, menurut Mahfud dalam kondisi ditengah pandemic Covid-19 halalbihalal dapat dilaksanakan secara virtual dan tidak harus berkerumun.

“Halalbihalal tidak harus berkerumun, tetapi juga bisa memulai virtual atau kalau hrus terpaksa bertemu dengan keluarga inti saja dengan membatasi waktu dan tetap jaga jarak,” ucap Mahfud dalam sebuah keterangannya melalui video yang diterima redaksi dari Humas Kemenko Polhukam, Jumat (22/520).

Melalui video tersebut, Mahfud terlebih dahulu menyampaikan imbauan kepada umat Muslim untuk melaksanakan shalat Id di hari raya Idul Fitri 1441H di rumah masing-masing bersama keluarga.

Menurutnya anjuran untuk shalat di rumah tidak hanya terjadi di Indonesia, melainkan juga di Arab Saudi.

“Masjid suci yang ada di Mekkah dan Madinah yaitu Masjidil Haram dan Nabawi juga ditutup demi menyelamatkan kaum Muslimin dari penularan Covid-19,” tuturnya.

Ormas Islam di Indonesia seperti Majelis Ulama Indonesia (MUI), Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama (NU) juga telah menyerukan hal serupa. (AS/Hidayatuna.com)

Redaksi

Terkait

Leave a Reply