Iran Berencana Membuka Kembali Masjid-Masjid di Wilayah Bebas Corona

 Iran Berencana Membuka Kembali Masjid-Masjid di Wilayah Bebas Corona

HIDAYATUNA.COM – Menyusul aturan-aturan pembatasan di Iran yang terus dilonggarkan secara bertahap. mereka berencana untuk membuka kembali masjid-masjid di beberapa bagian negaranya yang secara konsisten masih bebas dari wabah COVID-19.

Menurut situs web kepresidenan, Presiden Iran Hassan Rouhani, mengatakan bahwa Iran, sebagai salah satu negara Timur Tengah yang paling terdampak oleh pandemi itu, akan dibagi menjadi wilayah putih, kuning, dan merah, yang nantinya akan ditetapkan berdasarkan dari jumlah infeksi dan kematian di wilayah tersebut.

Pada hari Minggu lalu, Hassan Rouhani juga mengatakan bahwa nantinya aturan-aturan pembatasan yang ada di masing-masing wilayah akan disesuaikan dengan label warna wilayah yang telah ditetapkan, sehingga daerah yang secara konsisten bebas dari infeksi atau kematian akan diberi label putih dan pemerintah setempat dapat lanjut membuka kembali masjid-masjid yang ada di wilayahnya, dan mengizinkan lagi untuk diadakannya ibadah sholat Jumat berjamaah di wilayah tersebut.

Rouhani menambahkan bahwa label yang nantinya akan diberikan ke wilayah manapun di negara itu dapat berubah seketika, dan dia belum menentukan kapan program pelabelan warna wilayah itu akan mulai untuk diberlakukan.

Wakil Menteri Kesehatan Iran, Iraj Harirchi, mengatakan dalam sebuah wawancara dengan TV pemerintah, bahwa saat ini 116 wilayah di negara itu dapat dianggap sebagai wilayah berlabel putih, dan 134 lainnya berwarna kuning. (Aljazeera.com)

Redaksi

Terkait

Leave a Reply