Logo HUT RI Mirip Salib, Mantan Menag Buka Suara

 Logo HUT RI Mirip Salib, Mantan Menag Buka Suara

Logo HUT RI Mirip Salib, Mantan Menag Buka Suara

HIDAYATUNA.COM – Lukman Hakim Saifuddin Mantan Menteri Agama (Menag) buka suara merespon unggahan Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym di akun media sosial Twitter perihal bagian dari logo HUT RI ke-75 yang dinilai menyerupai salib.

Menanggapi unggahan itu, Lukman meminta agar Aa Gym agar mengajak umat mengedepankan berfikir dan bertindak secara integratif karena masyarakat Indonesia sangat beragam.

“Ustadz, di tengah masyarakat yang beragam, mari kita ajak umat ini untuk lebih mengedepankan berpikir dan bertindak yang integratif, bukan segregatif. Semoga Allah senantiasa melindungi kita semua,” kata Lukman dalam akun Twitter pribadinya @Lukmansaifuddin, Kamis (13/8).

Lukman itu me-reply cuitan Aa Gym sebelumnya. Pengasuh Pondok Pesantren Daarut Tauhid itu dalam akun Twitter pribadinya @aagym, menyatakan bisa dimaklumi ada perbedaan pendapat terkait desain logo HUT ke-75 RI di tengah masyarakat. Ia menilai sekilas logo tersebut seperti ada tanda salib yang besar.

“Sangat bisa dimaklumi bila jadi perbedaan pendapat. Melihat spanduk resmi pemerintah untuk 17 Agustus 2020 ini. Karena memang sekilas seperti ada tanda salib yang besar. Juga harus kita maklumi bila ada yang mempertanyakan. Dan protes,” kata Aa Gym.

Kementerian Sekretarariat Negara sudah mengklarifikasi logo HUT ke-75 RI yang disebut menyerupai simbol salib. Logo HUT ke-75 RI terinspirasi dari simbol perisai di dalam lambang Garuda Pancasila. Logo ini menggambarkan Indonesia sebagai negara yang mampu memperkokoh kedaulatan, menjaga persatuan, dan kesatuan Indonesia.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply