Libatkan Kelompok Tani, BPBD Lobar Semprot 95 Pesantren

 Libatkan Kelompok Tani, BPBD Lobar Semprot 95 Pesantren

HIDAYATUNA.COM, Lombok Barat – Mengatasi penyebaran virus Corona, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Covid-19, 95 pondok pesantren di Lombok Barat, atau Lobar disemprot disinfektan.

Dalam penyemprotan disinfektan di 95 pesantren tersebut, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lobar, Mahnan mengatakan bahwa pihaknya turut melibatkan kelompok tani dalam formasi tim penyemprotan tersebut.

Menurutnya, hal tersebut akan berjalan lebih efektif karena kelompok tani secara teknis lebih paham terkait penyemprotan.

“Kita libatkan kelompok tani itu karena secara teknis mereka (petani) yang lebih paham bagaimana menggunakan hand sprayer (alat semprot) ini. Tekanan itu juga nantinya akan mempengaruhi keefektivitasan penyemprotan,” ujar Mahnan, dikutip hidayatuna.com, pada hari Selasa (24/3/20).

Penyemprotan cairan disinfektan terhadap 95 pesantren yang dimulai pada hari Senin (23/3/20) kemarin tersebut merupakan tindak lanjut dari bimbingan teknis penanganan penyebaran Corona oleh BPBD Lobar yang sebelumnya telah dilakukan pada hari Sabtu (21/3/20).

Pondok pesantren menjadi salah satu titik yang menjadi prioritas penyemprotan dikarenakan aktivitas belajar-mengajar di pesantren masih berlangsung.

“Para santri-santri itu belajar dan langsung tinggal di pondok, jadi rentan untuk terkena wabah virus,” kata Mahnan.

Kegiatan tersebut mendapat apresiasi dari Sekretaris Daerah Lobar Baehaqi. Menurutnya kegiatan tersebut merupakan bentuk kekompakan dari semua pihak yaitu pemerintah berserta masyarakat untuk menyelesaikan permasalahan bersama. (AS/Hidayatuna.com)

Redaksi

Terkait

Leave a Reply