Kutip Umar bin Khattab, Guru Besar UIN Jogja Beberkan Kewajiban Orang Tua pada Anak

 Kutip Umar bin Khattab, Guru Besar UIN Jogja Beberkan Kewajiban Orang Tua pada Anak

Kutip khalifah kedua Umar bin Khattab, Guru Besar UIN Jogja beberkan kewajiban orang tua kepada anak anak mereka

HIDAYATUNA.COM, Yogyakarta – Guru Besar Ilmu Al-Qur’an Fakultas Ushuludin Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Prof Dr Abdul Mustaqim, mengatakan Amirul Mukminin Umar Bin Khattab pernah menyebutkan bahwa anak memiliki hak-hak dasar yang harus dipenuhi oleh orang tuanya. Pertama adalah orang tua wajib memberi nama yang baik kepada anaknya.

“Selain nama menjadi sebuah doa, kelak di hari kiamat kita akan dipanggil berdasarkan nama kita dan nama ayah kita,” kata Mustaqim dikutip Senin (9/3/2020).

Kedua, lanjut dia, seorang ayah wajib mencarikan ibu yang baik, artinya adalah setiap orang di antara kita wajib mencari pasangan yang baik untuk mendidik anaknya kelak. Ketiga, setiap orang tua wajib mengajarkan Al-Qur’an kepada anak-anaknya.

“Parenting atau dalam bahasa arab disebut tarbiyatul aulad adalah hal yang penting terutama bagi orang tua muda yang masih dalam masa mendidik anak-anak mereka yang masih kecil,” sambungnya.

Hal tersebut, lanjutnya, dikarenakan orang tua merupakan media untuk mentransmisi dan transformasi ilmu paling awal yang akan diterima oleh anak.

Sebagai orang muslim, mendidik anak harus tetap bersandar dengan Al-Qur’an, atau bisa disebut dengan Qur’anic Parenting.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply