Kontes Hijab Queen Beri Kesempatan Muslimah Italia Jawab Islamofobia

 Kontes Hijab Queen Beri Kesempatan Muslimah Italia Jawab Islamofobia

Kontes hijab queen akan digelar di Italia (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Kontes kecantikan bagi wanita yang mengenakan hijab beri kesempatan pada Muslimah Italia. Pasalnya, negara yang terkenal dengan ikon Menara Pisa itu akan menggelar kompetisi ini. Dengan begitu, acara ini akan menjadi kompetisi pertama di Eropa yang akan dipentaskan.

Kontes hijab bertajuk “Jadilah Ratu Berhijab” ini diinisiasi dan diluncurkan oleh Assia Belha, pendiri dan presiden Gerakan Wanita Muslim di Italia. Dengan slogan “Jadilah panutan”, kompetisi ini berupaya menjawab tantangan Islamofobia yang dihadapi oleh gadis-gadis Muslim.

Kontes hijab ini juga menjadi upaya dari Muslimah Eropa dalam menghadapi peningkatan gelombang membuka cadar. Melansir Echoroukonline via IQNA, beberapa dari mereka bahkan menganggap cadar atau hijab sebagai penghalang untuk mencapai kesuksesan atau berintegrasi ke dalam masyarakat non-Muslim.

Kompetisi ini juga bertujuan untuk mengkonsolidasikan makna sebenarnya dari jilbab yang merupakan pakaian Islami. Menurut mereka, jilbab harus dijunjung tinggi oleh bangsa-bangsa.

Kompetisi Ini akan menjadi edisi pertama acara di Italia. Semua gadis bercadar berusia antara 14 dan 25 yang tinggal di negara itu pun dapat berpartisipasi dalam kompetisi.

Terlepas dari kriteria kecantikan para gadis, juri akan mengandalkan kriteria tertentu dan dipelajari dengan baik. Termasuk kriteria komitmen, untuk memilih pemenang yang layak menjadi panutan.

Belum ada tanggal atau tenggat waktu untuk kompetisi yang diumumkan. Pemenang akan diumumkan dalam sebuah upacara dan akan diberikan hadiah umrah.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply