Komunitas Muslim Indonesia di Australia dan Selandia Akan Gelar Muktamar Muslim

 Komunitas Muslim Indonesia di Australia dan Selandia Akan Gelar Muktamar Muslim

HIDAYATUNA.COM, Jakarta — Komunitas Muslim Indonesia yang berada di Australia dan Selandia Baru akan mengadakan muktamar muslim. Tema yang akan dibahas pada muktamar tahun ini adalah pengembangan ekonomi islam atau ekonomi syariah di Australia dan Selandia Baru.

Panitia acara, Andri Nursafitri, menyebut tujuan diadakannya kegiatan ini agar komunitas muslim asal Indonesia yang tinggal di dua wilayah ini memiliki wadah atau jaringan untuk saling berhubungan. Ia juga menyebut dengan diadakannya muktamar ini, setiap peserta bisa bertukar informasi maupun menjalin silaturahmi dengan masyarakat lainnya

“Terutama mereka yang mengelola masjid atau rumah ibadah, maupun organisasi Islam di Australia dan New Zealand. Kepentingannya agar kita bisa terus berdakwah dan menjadikan Islam sebagai rahmatan lil alamin,” kata Andri dikutip dari Republika, Rabu (12/2/2020).

Hasil akhirnya, komunitas muslim Indonesia ini ingin memiliki lembaga keuangan syariah di sana. Kegiatan ini merupakan kali kedua setelah sebelumnya dilakukan pada 2016 lalu.

Pada muktamar sebelumnya yang diadakan di Melbourne, tema yang diangkat seputar living in harmony. Hal-hal yang dibahas seputar kehidupan sosial termasuk intoleransi, narkoba, serta kasus-kasus radikalisme.

Dalam jangka panjang, mereka ingin ada bank syariah yang didirikan di dua negara tersebut. Untuk waktu dekat, setidaknya mereka ingin mendirikan lembaga koperasi syariah yang regulasinya dinilai tidak terlalu rumit.

“Kita ingin ada action dari kegiatan muktamar ini. Ada satu lembaga koperasi syariah yang menjadi template bisa menjadi cikal bakal pendirian koperasi syariah di lokasi-lokasi lainnya,” ujarnya.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply