Komunitas Muslim di Tokyo Akan Penuhi Menu Halal Selama Buka Puasa

 Komunitas Muslim di Tokyo Akan Penuhi Menu Halal Selama Buka Puasa


HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Dengan menggandeng rumah makan halal, komunitas muslim di Tokyo Jepang mengaku akan memenuhi kebutuhan menu halal selama bulan Ramadhan, 1441 Hijriah.

Hal ini dilakukan menyusul semakin sulit menemukan menu makanan halal di Jepang untuk buka puasa, karena imbas Corona. Sehingga banyak rumah makan halal yang tutup.

Akhirnya, solidaritas komunitas muslim di kota Tokyo pun bergerak memenuhi kebutuhan selama Ramadhan. Mereka menyelenggarakan gerakan buka puasa gratis bagi muslim Jepang.

“Progam penyediaan menu berbuka akan dilaksanakan sepanjang bulan Ramadhan,” kata Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Jepang Abdurrisyad Fikri dalam keterangan tertulisnya dikutip Sabtu (2/5/2020).

Menurut Fikri hal itu dilakukan untuk memberikan dukungan moral bagi para penerima manfaat, khususnya umat muslim di Tokyo, Jepang yang sedang menjalankan ibadah puasa.

Setelah problem penyedia makanan halal teratasi, Abdurrisyad dan kawan-kawannya terhalang masalah distribusi. Regulasi pembatasan sosial saat pandemi virus Corona membuat masjid-masjid ditutup.

“Padahal komunitas muslim di Jepang pada bulan Ramadhan biasanya rutin berkumpul di masjid,” jelasnya.

Gerakan berbuka puasa gratis pun mengajak restoran milik orang Indonesia di Tokyo tadi sebagai titik pengambilan makanan. Cara ini dipilih untuk mendukung bisnis restoran yang tengah lesu akibat pandemi virus Corona.

“Semoga gerakan ini dapat menghibur dan memberi dukungan moral pada penerima bahwa mereka tidak sendiri dan Ramadhan masih bisa dinikmati seperti biasanya,” jelasnya.

Sejauh ini, progam penyediaan menu berbuka gratis baru terselenggara di Tokyo. Ia berharap kegiatan tersebut bisa diterapkan di kota-kota lain di Jepang.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply