Komunitas Badan Amal Blackburn Ajak Non-Muslim Ikut Berpuasa

 Komunitas Badan Amal Blackburn Ajak Non-Muslim Ikut Berpuasa

HIDAYATUNA.COM – Komunitas badan amal Blackburn, Inggris, One Voice mengajak masyarakat non-Muslim untuk ikut dalam program berpuasa selama satu hari di bulan suci Ramadan.

Ronan McMahon adalah salah satu dari banyak non-Muslim di Blackburn yang mengikuti tantangan berpuasa di bulan Ramadan selama satu hari. Ronan adalah seorang anggota Active Lancashire yang merupakan salah satu badan amal di kota tersebut.

Menurutnya melaksanakan puasa sebagaimana yang dilaksanakan masyarakat muslim di bulan Ramadan menjadikan dirinya lebih memahami dan berempati terhadap sesama manusia, dan umat beragama.

“Sekarang, lebih dari sebelumnya, ini adalah waktu untuk memahami, empati, berbagi pengalaman dan bersatu sebagai satu,” Kata Ronan, dikutip hidayatuna.com, Jumat (8/5/20).

Menurut Ronan yang telah berkali-kali mengikuti program ini, meskipun tahun ini dihadapkan dengan pandemi dan program tahun ini dirasakan berkurang, akan tetapi semangat komunitas tetap berjalan bahkan lebih kuat.

Tahun ini merupakan tahun ke enam komunitas badan amal yang tergabung dalam One Voice di kota tersebut mengadakan tantangan yang dikemas dalam ‘Saya bukan seorang Muslim tetapi saya akan berpuasa untuk tantangan satu hari’.

Dilansir dari Lancashire Telegraph sejauh diadakannya tantangan tersebut hingga tahun keenam ini, hampir 1.000 orang yang notabene adalah non-Muslim berpartisipasi mengambil bagian untuk berpuasa satu hari.

Beberapa badan amal Balckburn yang aktif berpartisipasi dalam gerakan tersebut di antaranya Lancashire Mind, Active Lancashire, BwD Healthy Living, Child Action North West, Secret Santa dan BwD Carers Network.

Setiap bulan Ramadan datang, masyarakat muslim iInggris berpuasa selama sekitar 17 setengah jam.

“Alasan saya memilih berpuasa untuk satu hari adalah karena itu benar-benar membuat saya menghargai apa yang kita anggap remeh,” kata Sarah Johns seorang partisipan program dari BwD Healthy Living

“Saya juga merasa bahwa berpuasa bersama kolega-kolega Muslim saya adalah penting, terutama pada saat mereka akan menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman-teman,” tambahnya.

Pesan-pesan utama yang dipromosikan dalam program ini termasuk mendesak anggota masyarakat untuk ‘Tetap di Rumah, Berdoa di Rumah’.

Abrar Hussain, Ketua One Voice mengatakan bahwa meskpun Ramadan kali ini masyarakat menghadapi berbagai macam pembatasan, namun pihaknya tetap mengadakan program tersebut seperti tahun-tahun sebelumnya dan para partisipan ingin memberikan semangat kepada umat muslim dalam beribadah meski di rumah.

“Ini adalah bukti persatuan yang kuat di Blackburn dan Darwen, ” kata Abrar.

Tommy McIlravey, Kepala Eksekutif Lancashire Mind yang juga berpartisipasi dalam program tersebut mengatakan: “Saya berpuasa untuk memahami seperti apa rasanya bagi teman-teman Muslim dan juga untuk lebih sadar bagaimana rasanya tidak memiliki akses instan ke makanan dan air.” (AS/Hidayatuna.com)

Redaksi

Terkait

Leave a Reply