Kok Jadi Begini, Dibukanya Masjid Hagia Sophia Picu Kasus Baru Covid-19

 Kok Jadi Begini, Dibukanya Masjid Hagia Sophia Picu Kasus Baru Covid-19

Kok Jadi Begini, Dibukanya Masjid Hagia Sophia Picu Kasus Baru Covid-19

HIDAYATUNA.COM – Dibukanya Hagia Sophia untuk peribadatan umat muslim setelah kembali berfungsi sebagai masjid memicu kasus baru Covid-19 di Turki.

Dilansir dari Arab News, ahli Kesehatan mengklaim hal tersebut terjadi karena protokol pencegahan tidak diikuti secara ketat selama ibadah berjamaah.

Sebelumnya sekitar 350.000 orang memadati Hagia Sophia dan daerah di sekitarnya pada 24 Juli dinyatakan kembali berfungsi sebagai masjid lagi setelah berfungsi sebagai museum selama beberapa dekade.

Beberapa jamaah dari sejumlah 500 orang yang melaksanakan shalat di dalam masjid pada waktu pembukaan kembali masjid itu telah diperiksa dan dinyatakan positif Covid-19.

Jumlah kasus Covid-19 harian terpantau mulai meningkat dan melebihi 1.000 tepat setelah liburan Idul Adha. Keputusan pemerintah untuk menahan angka tentang jumlah pasien dalam perawatan intensif dan mereka yang diintubasi meningkatkan kekhawatiran tentang jumlah kasus Covid-19 yang sebenarnya di negara tersebut.

Para profesional kesehatan mengatakan pandemi telah memburuk pada bulan lalu, dan pembukaan Hagia Sophia untuk sholat tanpa tindakan pencegahan yang tepat dan tegas adalah alasan lonjakan tersebut.

“Setelah pembukaan Hagia Sophia, kami juga mendengar banyak kasus di kalangan politisi,” kata seorang tenaga kesehatan, dilansir dari hidayatuna.com, Rabu (12/8/20).

Seorang Dokter, yang bekerja di sebuah rumah sakit di provinsi Anatolia Tengah, Sivas, menambahkan: “Jika warga biasa juga mendapatkan tes serupa, angka kasus sebenarnya akan lebih tinggi. Jika keadaan terus seperti ini, tidak akan ada orang di rumah sakit yang tidak terinfeksi . Bahkan mungkin ada kekurangan tenaga medis yang mengundurkan diri dari pekerjaan atau menjadi sakit. ”

Redaksi

Terkait

Leave a Reply