Klinik Kesehatan Gratis AS Siap Bantu Pengungsi Berbagai Negara

 Klinik Kesehatan Gratis AS Siap Bantu Pengungsi Berbagai Negara

Klinik Kesehatan Gratis AS Siap Bantu Pengungsi Berbagai Negara (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Hampir dua dekade, pusat layanan kesehatan di ruang bawah tanah, kini menjadi salah satu klinik kesehatan terpenting. Klinik kesehatan yang menawarkan layanan pengobatan gratis ini terletak di kota Milwaukee, Wisconsin, Amerika Serikat (AS).

Fozia Ahmed adalah muslim penggagas klinik kesehatan klinik gratis tersebut. Klinik yang melayani ribuan orang setiap tahun tanpa memandang agama dan budaya di Milwaukee.

Ahmed mendirikan Komunitas Muslim dan Pusat Kesehatan di ruang bawah tanahnya pada tahun 2004.

Pada tahun 2008, klinik tersebut pindah untuk meminjam gedung dari SD Salam di daerah terdekat di Milwaukee. Pada tahun 2015 mulai memberikan layanan enam hari seminggu untuk semua orang tanpa memandang agama.

“Pintu kami terbuka, dan kami akan melakukan hampir semua hal untuk memastikan orang dirawat,” kata Arman Tahir. Direktur operasi di klinik itu mengatakan kepada Urban Milwaukee, dikutip Selasa (10/5/2022).

Sekarang, klinik tersebut melayani sekitar 4.500 hingga 5.000 pasien per tahun di seluruh layanannya. Layanan itu meliputi perawatan primer, kesehatan perilaku, pusat hari tua, dan pusat sumber daya pengungsi.

Untuk melayani pengungsi dari berbagai negara, staf di klinik dapat menyediakan layanan dalam dua belas bahasa. Enam bahasa digunakan di rumah, dan enam lainnya disediakan melalui juru bahasa.

Presiden Koalisi Wanita Muslim Milwaukee, Janan Najeeb mengatakan penting bagi pasien untuk merasa nyaman dan percaya diri.

“Ketika mereka menyadari bahwa budaya mereka diperhitungkan, Anda akan mendapatkan pasien yang lebih bahagia dan hasil yang lebih baik,” ujarnya.

Tanpa pemahaman itu, lanjut Najeeb, orang akan menjauh dari pengalaman tanpa merasa didengarkan.

“Sering kali, orang merasa dikucilkan, terutama jika mereka tidak tahu bahasa Inggris dengan baik,” kata Najeeb.

Misi Komunitas Muslim dan Pusat Kesehatan Wisconsin adalah untuk memperkuat komunitas Milwaukee dan meningkatkan kesejahteraan penduduknya. Dengan menyediakan layanan perawatan kesehatan gratis dan amal, layanan sosial, konseling, bantuan darurat, program pendidikan dan pelatihan kerja.

Romandhon MK

Peminat Sejarah Pengelola @podcasttanyasejarah

Terkait

Leave a Reply