Kiai Said: Al-Qur’an Harus Diajarkan di ITS

 Kiai Said: Al-Qur’an Harus Diajarkan di ITS


HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Saat acara halal bihalal virtual yang digelar oleh alumni ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember), Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj menyampaikan pentingnya Al-Qur’an untuk diajarkan di ITS.

Menurut dia, Al-Qur’an penting untuk diajarkan agar bisa membentuk karakter dan membangun akhlakul karimah.

“Al-Qur’an harus diajarkan di ITS untuk membangun karakter, membangun akhlakul karimah, akhlak Islam yaitu Islam yang cinta damai, yang toleran,” kata Kiai Said dikutip Selasa (9/6/2020).

Untuk itu, ia mengajak alumni ITS untuk turut serta membangun kemajuan bangsa Indonesia melalui pendidikan akhlak. Karena melalui penanaman akhlak itulah karakter masyarakat bisa dibentuk.

”Marilah seluruh keluarga besar alumni ITS, perkuat ilmu dan teknologi, perkuat juga ilmu agama, dengan akhlak,” jelasnya.

Kiai Said juga mengingatkan kembali bahwa Islam secara harfiah berarti jalan menuju keselamatan. Inti ajarannya, yang juga merupakan salah satu agenda utama dakwahnya, adalah menyempurnakan akhlak manusia.

”Jangan mengaku Islam kalau tidak bisa memberi contoh akhlak yang baik dengan tetangga yang berbeda agama, beda budaya, beda suku. Karena Islam itu mengajarkan cinta kasih, damai, toleran,” ujarnya. 

Redaksi

Terkait

Leave a Reply