Khofifah: Terima Kasih Atas Terlaksanakannya Istighotsah Kubro Online

 Khofifah: Terima Kasih Atas Terlaksanakannya Istighotsah Kubro Online


HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa menyampaikan terima kasih kepada segenap kiai, masyayikh, serta seluruh masyarakat yang terlibat dalam istighotsah kubro online, Rabu malam (8/4), khususnya warga NU, Nahdliyin.

Dikemukakannya bahwa seluruh Forkopimda datang ingin bersama para ulama dan masyayikh dan jaringan pesantren dengan santrinya berdoa memohon kepada Allah SWT mengangkat wabah virus corona dari Indonesia.

“Hal itu bersama ikhtiar para tenaga medis, para relawan semua, kami mohon keikhlasan doa semua masyarakat,” kata Khofifah, dikutip Kamis (9/4/2020).

Sebagai informasi, dalam proses istighotsah online ini pembacaan tawassul dipimpin langsung Rais PWNU Jawa Timur KH Anwar Manshur dari Pesantren Lirboyo. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan doa istighotsah yang dipimpin oleh Rais Aam PBNU KH Miftachul Akhyar beserta pembacaan surat Yasin.

Acara dilanjutkan dengan membaca Shalawat Thibbil Qulub dan doa KH M Hasyim Asy’ari yang diwasiatkan sebagai penolak wabah melalui syafaat Rasulullah SAW dan keluarganya. Istighotsah kubro berlangsung selama lebih dari 2 jam.

Sementara itu, Ketua Ketua PWNU Jatim, KH Marzuki Mustamar dalam sambutannya menyampaikan bahwa seluruh usaha harus dikerahkan agar musibah corona segera berakhir. Baik itu usaha lahir dengan penyemprotan disinfektan, maupun usaha batin seperti istighotsah bersama.

“Pelajaran bahwa sehebat apapun ikhtiar kita, yang tidak boleh dilupakan adalah memohon kepada Allah SWT,” kata kiai yang juga Pengasuh Pondok Pesantren Sabilurrosyad Kota Malang tersebut.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply