Kewaspadaan Terhadap Corona Bagi Layanan Haji Diminta Ditingkatkan

 Kewaspadaan Terhadap Corona Bagi Layanan Haji Diminta Ditingkatkan

HIDAYATUNA.COM, Jakarta — Virus Corona telah menyebarluas di berbagai negara, termasuk Arab Saudi. Hal itu membuat Kementerian Agama RI (Kemenag RI) melakukan langkah antisipasi dengan mengeluarkan surat edaran sebagai imbauan untuk tetap menjaga kewaspadaan jamaah haji.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nizar Ali telah mengeluarkan edaran terkait kewaspadaan dan tindakan antisipasi terhadap virus corona (covid 19). Edaran ini ditujukan kepada Kepala Kanwil Kemenag Provinsi, Kepala UPT Arama Haji, dan Staf Teknis Haji di KJRI Jeddah.

Nizar meminta agar penyedia layanan bagi jemaah haji Indonesia di Arab Saudi melakukan langkah-langkah antisipasi.

“Kami meminta kepada penyedia layanan akomodasi di Arab Saudi untuk melakukan upaya pencegahan penyebaran virus corona dengan menyemprotkan disinfektan dan menyediakan hand sanitizer di seluruh akomodasi jemaah haji Indonesia,” demikian salah satu poin edaran yang disampaikan Nizar, dikutip Senin (9/3/2020).

Ia juga meminta kepada penyedia layanan konsumsi dan transportasi di Arab Saudi untuk memastikan bahwa personel yang akan ditugaskan untuk melayani jemaah haji Indonesia tidak terjangkit virus corona.

Di dalam negeri, Nizar juga mengimbau jemaah saat akan mengikuti manasik haji, baik di tingkat KUA Kecamatan maupun Kemenag Kab/Kota, dalam kondisi sehat. Jika sedang sakita, jangan dipaksakan.

“Manasik juga menjadi sarana menyampaikan materi tentang pola hidup bersih dan sehat. Penyelenggara agar mengupayakan untuk melibatkan tenaga kesehatan dalam pelaksanaan kegiatan manasik haji,” jelasnya.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply