Keutamaan Menjalankan Puasa Daud

 Keutamaan Menjalankan Puasa Daud

Pada dasarnya semua puasa adalah bain dan memiliki banyak manfaat. Islam mengajarkan manusia berpuasa baik puasa wajib maupun puasa sunnah. Puasa daud merupakan salah satu dari puasa sunnah yang utama diantara banyak jenis puasa sunnah. Berikut beberapa keutamaan puasa Daud:

Puasa sunnah yang paling disukai Allah

Sebagaimana Sabda Rasulullah SAW yang dikatakan oleh Abdullah bin Amr bin Al ‘Ash sebagai berikut:

إِنَّ أَحَبَّ الصِّيَامِ إِلَى اللَّهِ صِيَامُ دَاوُدَ وَأَحَبَّ الصَّلاَةِ إِلَى اللَّهِ صَلاَة�� دَاوُدَ عَلَيْهِ السَّلاَمُ كَانَ يَنَامُ نِصْفَ اللَّيْلِ وَيَقُومُ ثُلُثَهُ وَيَنَامُ سُدُسَهُ وَكَانَ يَصُومُ يَوْمًا وَيُفْطِرُ يَوْمًا

Artinya: “Puasa yang paling disukai di sisi Allah adalah puasa Daud, dan shalat yang paling disukai Allah adalah Shalat Nabi Daud. Beliau biasa tidur di pertengahan malam dan bangun pada sepertiga malam terakhir dan beliau tidur lagi pada seperenam malam terakhir. Sedangkan beliau biasa berpuasa sehari dan buka sehari.” (HR. Bukhari)

Hadits di atas secara jelas menyebutkan Allah menyuakai puasa Daud. Hal ini dipertegas dengan riwayat lain yaitu:

لاَ صَوْمَ فَوْقَ صَوْمِ دَاوُدَ ، شَطْرَ الدَّهْرِ ، صِيَامُ يَوْمٍ ، وَإِفْطَارُ يَوْمٍ

Artinya: “Tidak ada puasa yang lebih afdhol dari puasa Daud. Puasa Daud berarti sudah berpuasa separuh tahun karena sehari berpuasa dan sehari tidak berpuasa.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Puasa sunnah paling tinggi kedudukannya

Selain keutamaan diatas puasa Daud disebutkan sebagai puasa terbaik sekaligus puasa tertinggi dan terberat. Karena memang tidak diperkenankan untuk berpuasa melebihi ini. Sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan lainnya:

Abdullah bin Amr berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menanyakan kepadaku, “Aku mendengar kabar bahwa engkau selalu qiyamul lail dan siangnya berpuasa.” Aku menjawab, “Benar ya Rasulullah.”

Maka Rasulullah bersabda, “Berpuasalah dan berbukalah. Shalatlah dan tidurlah! Karena tubuhmu memiliki hak terhadapmu. Istrimu memiliki hak terhadapmu. Dan tamumu juga memiliki hak terhadapmu. Cukuplah bagimu berpuasa tiga hari setiap bulan.”

Abdullah berkata, aku bertahan, maka Rasulullah pun bersikeras pula. Akhirnya aku berkata, “Ya Rasulullah, aku sanggup lebih dari itu.”

Rasulullah bersabda, “Kalau begitu, berpuasalah tiga hari setiap pekan.”

Abdullah berkata, aku bertahan, maka Rasulullah pun bersikeras pula. Aku berkata lagi, “Ya Rasulullah, aku sanggup lebih dari itu.”

Rasulullah bersabda, “Kalau begitu, berpuasalah seperti Nabi Daud dan jangan lebih dari itu.”

Aku bertanya, “Ya Rasulullah, bagaimana puasa Nabi Daud itu?” Rasulullah bersabda, “Ia berpuasa sehari lalu berbuka sehari.”

Puasa sunnah paling adil

Demikianlah posisi puasa Daud yang menjadi batas muslim menjalankan puasa. Disamping itu puasa ini juga menjadi penanda keadilan sebagaimana sabda Rasulullah:

صُمْ يَوْمًا وَأَفْطِرْ يَوْمًا وَذَلِكَ صِيَامُ دَاوُدَ – عَلَيْهِ السَّلاَمُ – وَهُوَ أَعْدَلُ الصِّيَامِ . قَالَ قُلْتُ فَإِنِّى أُطِيقُ أَفْضَلَ مِنْ ذَلِكَ. قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- لاَ أَفْضَلَ مِنْ ذَلِكَ

Artinya: “Berpuasalah satu hari dan berbukalah satu hari dan itu adalah puasa yang paling adil. Itu puasanya Nabi Daud ‘alaihis salam.” Aku berkata, “Sesungguhnya aku mampu lebih baik dari itu.” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Tidak ada yang lebih utama dari itu.” (HR. Muslim dan Abu Dawud)

Selain keutamaan diatas pusa ini juga memiliki banyak manfaat baik dari segi agama maupun kesehatan. Dari segi agama puasa ini dapat menekan hawa nafsu, mempertajam perasaan, mendatkan ridho Allah, menumbuhkan akhlah mulia dan berbagai kebaikan lainnya.

Sementara itu dari sisi kesehatan antara lain meningkatkan sitem imune (daya tahan tubuh), Menguatkan fisik, membuang racun-racun dalam tubuh, menyehatkan mental dan mencegah resiko penyakit jantung. Betapa banyak manfaat dan berkah menjalankan segala perintah agama.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply