Keren Nih! Game Simulator Haji Sajikan Realitas Virtual Mekah

 Keren Nih! Game Simulator Haji Sajikan Realitas Virtual Mekah

Keren Nih! Game Simulator Haji Sajikan Realitas Virtual Mekah

HIDAYATUNA.COM – Sebuah aplikasi game simulator ibadah Haji yang dirilis oleh perusahaan Startup Pakistan viral di Twitter. Disebut-sebut sebagai game simulator ibadah haji virtual pertama di dunia.

Game ini diketahui telah diluncurkan sejak 2019 lalu, namun baru-baru ini kembali viral setelah beberapa pengguna mengaku bahagia, dimana kini ibadah haji dan umrah tengah dibatasi akibat pandemi virus corona.

Aplikasi itu pun diketahui telah digunakan oleh setidaknya 30.000 calon jamaah haji dari seluruh dunia.

Game virtual ini diketahui juga menyajikan penggambaran realitas virtual keadaan di tanah suci Mekah dan Madinah.

Dikutip dari Arab News, mengatakan simulator permainan ini menawarkan ziarah dan ibadah akurat.

“Anda akan merasa seolah-olah Anda benar-benar berjalan di sepanjang jalur Safa dan Marwa, merasakan lingkungan Jamarat dan mengalami tawaf di sekitar Ka’bah,” kata direktur proyek aplikasi tersebut, Adan Maqbool dilansir dari Arab News, Rabu (12/8/20).

“Kami juga mengambil sekitar 80.000 foto situs suci dalam resolusi ultra-tinggi 8K (7.680 x 4.320 piksel) untuk proyek yang memungkinkan untuk (para pengguna) melihat detail kecil seperti tekstur rumit pada pilar,” lanjut Adnan.

Aplikasi ini telah dirancang dengan mempertimbangkan teknologi 5G dan diterima baik oleh pihak Arab Saudi.

Aplikasi yang diberi nama Labbaik VR tersebut dirancang untuk memberikan para pengguna pengalaman yang lebih sehingga nantinya dapat melaksanakan ibadah aman dan lancar bagi para jamaah dan penyelenggara dengan pelatihan yang tepat.

“Aplikasi yang berfungsi sebagai alat pendidikan dan pariwisata ini juga bertujuan untuk meminimalkan kesulitan yang dihadapi jamaah selama haji,” kata CEO Shehriar Ashraf.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply