Kemenkes Palestina Terus Pantau Kesiapan Hadapi Corona

 Kemenkes Palestina Terus Pantau Kesiapan Hadapi Corona

HIDAYATUNA.COM, Gaza – Abdel Nasser Subh, Direktur Kantor Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) di Jalur Gaza, Palestina mengatakan bahwa upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Palestina sudah berhasil dalam menanggulangi Virus Corona, atau yang lebih dikenal sebagai covid-19.

Hal itu bisa dilihat dengan ada upaya pemantauan situasi secara internal di Jalur Gaza, juga terkait prosedur Kementerian Kesehatan mengenai karantina, pemeriksaan, kesiapan, dan kondisi di rumah sakit dan pusat-pusat kesehatan.

“Langkah-langkah yang diambil di Jalur Gaza sudah baik. Sejauh saat ini telah berhasil melindungi masyarakat dari dalam. Terutama langkah-langkah yang diambil pembatasan penyeberangan dan karantina untuk mereka yang masuk ke Jalur Gaza,” kata Abdel Nasser seperti dikutip dari Pusat Informasi Palestina (Palinfo), Jumat (27/3/2020).

Terkait dengan dua kasus positif yang ditemukan dalam karantina, dia menegaskan bahwa hal itu tidak menimbulkan ancaman bagi Jalur Gaza.

“Dua kasus ini dari luar (belum masuk Gaza). Kasus ini bukan berasal dari dalam masyarakat Gaza. Kasus ini datang bersama orang-orang yang bepergian ke tempat-tempat di mana virus itu tersebar. Dengan demikian bukan merupakan bahaya bagi masyarakat di dalam Jalur Gaza,” tegasnya.

Mengenai potensi dan kemampuan yang ada di Jalur Gaza, Palestina, dalam menangani wabah corona, Abdel menjelaskan, alat dan bahan kimia yang diperlukan untuk melakukan tes, saat ini cukup untuk memeriksa sekitar 300 kasus.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply