Kemenag Siapkan Panduan Manasik Lewat Audio Visual

 Kemenag Siapkan Panduan Manasik Lewat Audio Visual

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) mengaku tengah menyiapkan panduan manasik haji melalui audio visual. Langkah ini dilakukan sabagai upaya untuk membantu pemerintah memutus mata rantai penyebaran virus corona, atau yang lebih dikenal sebagai Covid-19. Sehingga kegiatan pelatihan manasik dilakukan secara online.

“Kita nanti akan siapkan bentuk manasik audio visual, dan videonya bisa didownload di web kemudian nanti videonya bisa dlihat di rumah,” kata Dirjen PHU Kemenag, Nizar dikutip pada hari Sabtu, 11 April 2020.

Penyediaan panduan materi manasik dalam bentuk audio visual ini lanjut Nizar, merupakan bentuk protokol pencegahan Covid-19. Pasalnya saat ini kegiatan berkerumun sudah diputuskan sebagai kegiatan yang dilarang pemerintah.

“Karena tidak boleh ada kerumunan apalagi ada kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), maka alternatifnya adalah melalui online,” ujar Nizar.

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Besar Forum Komunikasi Alumni Petugas Haji Indonesia (PB FKAPHI), Affan Rangkuti mengapresiasi Dirjen PHU Nizar yang telah memberikan arahannya terkait informasi penyelenggaraan haji terkini, sehingga para pegiat haji di daerah dapat memberikan informasi dan edukasi perhajian kepada masyarakat.

“Wajib hukumnya bagi kita untuk memberikan pengarahan dan penyejukan kepada pihak-pihak tersebut agar tidak berbicara sembarangan yang nantinya dapat melakukan penodaan yang tidak baik bagi bangsa khususnya bagi umat Islam,” ungkapnya.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply