Kemenag Kembali Desak Arab Segera Putuskan Soal Haji

 Kemenag Kembali Desak Arab Segera Putuskan Soal Haji


HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Setelah sebelumnya tak membuahkan hasil, Kementerian Agama (Kemenag) kembali mendesak pemerintah Arab Saudi untuk segera memberikan kepastian soal penyelenggaraan ibadah haji tahun 2020.

“Kami berharap informasi pasti apakah haji tahun ini diselenggarakan atau batal bisa segera diumumkan oleh Pemerintah Arab Saudi. Semoga sebelum akhir Ramadan,” kata Jubir Kemenag, Oman Fathurahman dalam keterangan persnya dikutip Hidayatuna.com, Selasa (19/5/2020).

Kenapa harus akhir Ramadhan ini, karena untuk menghindari keterbatasan persiapan. Mengingat jadwal pelaksanaan ibadah sudah semakin dekat.

“Informasi ini dijadikan pedoman oleh Kemenag dalam mempersiapkan penyelenggaraan ibadah haji,” jelasnya.

Oman menambahkan, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag telah meminta Dirjen Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri RI untuk ikut mengomunikasikan kepastian penyelenggaraan ibadah haji melalui Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta.

“Informasi mengenai kepastian penyelenggaran ibadah haji tersebut menjadi penting bagi kami dalam menyiapkan kebijakan serta peraturan-peraturan yang diperlukan apabila haji akan dilaksanakan dan atau tidak dilaksanakan pada tahun ini,” ujarnya.

Sebagai informasi, sebelumnya Kemenag telah memberikan tenggat waktu hingga 12 Mei kepada Arab Saudi untuk memberikan keputusan soal penyelenggaraan ibadah haji 2020. Namun hingga batas waktu yang ditentukan Arab Saudi tak jua memberikan kabar.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply