Kemenag Diminta Libatkan MUI dan Ormas Islam untuk Kuatkan Moderasi

 Kemenag Diminta Libatkan MUI dan Ormas Islam untuk Kuatkan Moderasi

Kementerian Agama Atau Kemenag Diminta Untuk Libatkan MUI dan Ormas Islam Lainnya untuk Memperkuat Moderasi Beragama

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Sekretaris Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (Wantim MUI), Prof KH Noor meminta kepada Kementerian Agama (Kemenag) bersinergi dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI), serta Ormas-ormas Islam untuk mengembangkan moderasi beragama.

Kiai Noor mengatakan, Kemenag perlu berdiskusi dengan MUI dan ormas-ormas Islam untuk menentukan moderasi seperti apa yang akan dikuatkan. Jangan sampai yang dikuatkan hanya moderasi sepihak Kemenag. Maka Kemenag perlu meminta saran dari ormas-ormas.

“Saya kira perlu (mengajak MUI dan ormas-ormas), moderasi yang seperti apa (harus sepaham), jangan sampai moderasi sepihak dari Kemenag sana, saran-saran dari ormas saya kira penting,” kata Kiai Noor di Kantor MUI Pusat, dikutip Kamis (20/2/2020).

Selain itu, ia juga menyarankan agar buku-buku untuk menguatkan moderasi beragama di kalangan siswa materinya perlu disederhanakan. Supaya bisa dijadikan panduan di seluruh Indonesia.

“Saya kira penting moderasi beragama di Indonesia bisa dipahami seluruh siswa di Indonesia,” ujarnya.

Kiai Noor menambahkan, buku moderasi beragama juga harus disebarluaskan. Kemudian harus ada kajian-kajian intens tentang moderasi beragama. Nanti guru-gurunya juga harus dididik secara khusus agar bisa menyampaikan isi buku tersebut ke siswa.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply