Karomah Sayyid Muhammad, Rasulullah Hadir dan Jenazah Utuh serta Wangi setelah Bertahun-tahun

 Karomah Sayyid Muhammad, Rasulullah Hadir dan Jenazah Utuh serta Wangi setelah Bertahun-tahun

HIDAYATUNA.COM – Tepat pada hari Jumat 15 Ramadhan 1425 H/ 29 Oktober 2004 atau 16 tahun yang lalu Sayyid Muhammad bin Alawi al-Hasani al-Maliki wafat dan meninggalkan duka bagi jutaan muslim di dunia. Beliau dimakamkan di pemakaman Al-Ma’la, Makkah di dekat makam Khadijah istri Rasulullah SAW.

Sebagai ulama yang disebut-sebut sebagai Waliyullah tidak mengherankan jika beliau diberikan karomah yang luar biasa, walaupun sudah wafat. Berikut kejadian menakjubkan yang terjadi saat pemakaman beliau hingga 5 tahun setelah wafatnya beliau.

Diceritakan saat pemakaman beberapa keluarga beliau ikut turun ke liang kubur, Diantaranya adalah Habib Ali al-Jufri Hadramaut. Namun ketika Habib Ali al-jufri hendak membuka kain kafan Sayyid Muhammad tiba-tiba beliau berteriak dan jatuh pingsan.

Setelah proses pemakan selesai seorang jamaah bertanya kepada Habib Ali Ali al-Jufri terkait kejadian tersebut. Habib Ali al-Jufri menjawab “Saat saya hendak membuka kafan dari sisi wajah, tiba-tiba saya melihat Rasulullah SAW di depan saya dan Rasulullah SAW berkata : “Ali, Tinggalkan ini, biar saya yang menggurusnya”. Saya sangat kaget dan terharu dengan kejadian tersebut dan akhirnya saya pingsan hingga tidak sadarkan diri.”

Cerita tentang karomah Sayyid Muhammad yang lain adalah saat makam beliau hendak dibongkar dan dipindahkan (kebiasaan di Pemakaman Ma’la jika jenazah sudah 1 tahun dan hancur maka akan dipindah ke tempat lain agar makam yang lama ditempati jenazah yang baru), begitu pula yang hendak dilakukan pada makam Sayyid Muhammad Alawi Al-Maliki.

Ketika para petugas menggali makam Sayyid Muhammad mereka sangat kaget dan heran karena jenazah beliau tetap utuh bahkan tercium aroma wangi yang melebihi wangi kayu gahru. Akhirnya jenazah Sayyid Muhammad pun tidak jadi dipindahkan.

Setelah 2 tahun, pemerintah kota makkah kembali melakukan penggalian makam untuk memindahkan jenazah Sayyid Muhammad, namun yang mereka temui sama seperti tahun sebelumnya, yaitu jenazah Sayyid Muhammad tetap utuh dan beraroma wangi.

Akhirnya pada tahun 2009 atau setelah 5 tahun pemerintah kota suci Makkah kembali membongkar makam Sayyid Muhammad untuk memindahkan jenazahnya namun ternyata jenazah Sayyid Muhammad masih tetap utuh, wangi bahkan terlihat kuku serta rambut beliau tumbuh panjang. Subhanallah

Kejadian menakjubkan ini sebenarnya sudah disinggun Al-Quran dalam surah Al Baqarah ayat 154 : “Dan janganlah kamu mengatakan terhadap orang-orang yang gugur di jalan Allah, (bahwa mereka itu) mati; bahkan (sebenarnya) mereka itu hidup, tetapi kamu tidak menyadarinya.”

Wallahu ‘Alam

Redaksi

Terkait

Leave a Reply