Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Mengawali Puasa Ramadan Hari Ini

 Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Mengawali Puasa Ramadan Hari Ini

HIDAYATUNA.COM, Padang – Perbedaan penentuan awal dan akhir Ramadan adalah hal yang lumrah terjadi di Indonesia. Meskipun Kementerian Agama baru menggelar Sidang Isbat Awal Ramadan Pada Kamis, 23 April 2020, namun sudah ada di antara kalangan masyarakat yang justru telah memulai ibadah puasa Ramadan mulai Kamis (23/4/20) ini. Salah satunya Jemaah Tarekat Naqsabandiyah di Sumatera Barat yang telah memulai ibadah puasa Ramadan pada hari ini.

“Hari ini ibadah puasa sudah dimulai,” kata pimpinan Tarekat Naqsabandiyah Sumbar, Syafri Malin Mudo dalam keterangannya, Kamis (23/4/20).

Menurut Syafri, Jemaah Naqsabandiyah menentukan awal Ramadan dengan melihat bulan sejak bulan Rajab dan Sya’ban.

Pihaknya menggunakan Metode hisab Munjid, dasarnya sejak tahun 16 Hijriah yakni pada malam ke-8, ke-15 dan ke-22 bulan Rajab Tarekat Naqsabandiyah sudah melihat bulan.

Sementara itu menanggapi seruan dari MUI terkait pelaksanaan ibadah bulan Ramadan dalam suasana darurat pandemi Covid-19 untuk tetap melaksanakan ibadah di rumah termasuk shalat Tarawih, pihaknya mengatakan tetap menggelar shalat tarawih di surau namun dengan jumlah jamaah yang relatif sedikit.

Syafri mengatakan dengan mempertimbangkan berbagai imbauan dan juga bahaya dari wabah itu sendiri Jemaah Naqsabandiyah memutuskan tidak melaksanakan tradisi suluk dimana biasanya banyak orang datang hingga 40 hari dalam masjid di Tahun ini.

“Biasanya tiap tahun ada orang datang dari jauh, seperti dari Kabupaten Solok dan Pesisir Selatan mereka melakukan suluk,” sebutnya. (AS/Hidayatuna.com)

Redaksi

Terkait

Leave a Reply