Jalin Silaturahmi, Forum Zakat se-Jakarta Ikuti Raker FOZ DKI

 Jalin Silaturahmi, Forum Zakat se-Jakarta Ikuti Raker FOZ DKI

Raker Forum Zakat DKI1 (dok. humas)

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Forum Zakat (FOZ) Wilayah DKI Jakarta menggelar kegiatan Rapat Kerja (raker) FOZ DKI Jakarta ke II pada tahun 2022. Raker berlangsung dengan tema “Menguatkan Kolaborasi untuk Jakarta Hebat dan Berdaya”, Sabtu (19/3).

Raker yang diselenggarakan di Hotel Sofyan, Cikini, Jakarta Pusat tersebut bertujuan untuk mengevaluasi program kerja pada 2021. Selain itu, mempersiapkan program kerja dalam satu tahun kedepan juga diharapkan dapat serta terjalinnya tali silaturahmi yang kuat antara pengurus anggota FOZ DKI Jakarta.

Ketua Forum Zakat Wilayah DKI Jakarta, Dian Dien Pasya berharap, rapat kerja FOZ DKI pada tahun ke dua ini akan semakin memperkuat kolaborasi. Yakni antar-lembaga pengelola zakat di wilayah DKI Jakarta dan memberi kontribusi nyata bagi gerakan zakat.

FOZ DKI Jakarta mengusung tema di atas, agar dapat bersinergi dan berkolaborasi. Dengan Lembaga Zakat anggota FOZ DKI Jakarta, BAZNAS, Pemprov DKI Jakarta hingga masyarakat umum lainnya di DKI Jakarta khususnya.

“Harapan yang kami usung di Raker ke II ini adalah memastikan bahwa FOZ DKI Jakarta betul-betul hadir. Dapat bersinergi dengan saling menguatkan serta berkolaborasi baik. Dengan LAZ anggota FOZ DKI Jakarta, BAZNAS BAZIS DKI Jakarta, Pemprov, hingga masyarakat luas khususnya di DKI Jakarta,” ungkap Dian pada sambutannya.

Memecahkan Masalah yang Terjadi di Panti Sosial

Pada kesempatan yang sama, hadir pula Susy Dwi Harini, Kepala Bidang Pemberdayaan sosial Dinas Sosial DKI Jakarta. Rini menyampaikan sambutan sekaligus berbagi informasi terkait tugas dan tanggung jawab dinas sosial DKI Jakarta.

Dalam paparannya, Rini menjelaskan berbagai macam permasalahan yang terjadi di panti-panti sosial yang dikelola oleh Dinas Sosial DKI Jakarta.

“Permasalahan di DKI Jakarta tidak bisa ditanggulangi oleh pemda sendiri. Problematika yang terjadi disetiap panti sangat beragam dan membutuhkan perhatian khusus. Oleh karena itu, perlu adanya kerjasama dari semua pihak khususnya untuk program-program yang diperlukan sebagai bentuk penanganan masalah di panti. Namun tidak teranggarkan dalam APBD,” ujar Rini dalam sambutannya.

Pada rapat kerja tersebut hadir pula BAZNAS BAZIS DKI Jakarta yang diwakili Irsan selaku Kepala Seksi SDM dan Umum. Irsan mengatakan sinergitas FOZ DKI Jakarta harus diperkuat. Pihaknya sangat mendukung kolaborasi antara BAZNAS BAZIS DKI dan FOZ DKI untuk menyelesaikan masalah kemiskinan di DKI Jakarta.

Sementara itu hadir juga Ketua Forum Zakat Nasional Bambang Suherman. Dalam sambutannya ia berpesan bahwa FOZ Wilayah DKI Jakarta harus menghasilkan produk portofolio SDM Zakat yang unggul terkhusus untuk bisa melayani masyarakat lapis bawah.

“Tugas kita adalah memastikan kebutuhan pangan memenuhi masyarakat lapis bawah. Dikala kondisi ekonomi yang sedang tidak menentu, itulah peran kita,” tutur Bams sapaan akrabnya.

Sementara dalam menjelaskan tantangan sosial Fozwil DKI Jakarta harus mampu menjadi landmark zakat. FOZ Wilayah DKI Jakarta diharapkan bisa menghadirkan Landmark zakat, laboratorium zakat sebagai solusi persoalan kemanusiaan di provinsi DKI Jakarta. (rel/fit)

Redaksi

Terkait

Leave a Reply