Jadwal Salat April 2022 Wilayah Pekanbaru dan Sekitarnya

 Jadwal Salat April 2022 Wilayah Pekanbaru dan Sekitarnya

Salat Tarawih (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM, Pekanbaru – Jadwal salat fardhu di bulan April 2022 atau Ramadan 1443 H untuk wilayah Pekanbaru dan sekitarnya telah terbit. Jadwal salat ini penting mengingat pergerakan matahari yang dilihat dari bumi menyebabkan pergantian waktu salat sehingga akan ada perubahan jam.

Perubahan jadwal salat tidak hanya terjadi di bulan April 2022 atau Ramadan saja karena, setiap waktu-waktu tertentu pergeseran jam akan terjadi. Hal ini sebagaimana diungkapkan di atas yakni akibat pergerakan matahari.

Umat Muslim tidak perlu bingung dengan adanya perubahan ini, khususnya di bulan April 2022. Beberapa lembaga dari pemerintah hingga swasta banyak menerbitkan jadwal salat yang disetujui oleh tim ahli dari lembaga falakiyah dan Kementerian Agama.

Untuk beberapa daerah di Indonesia memiliki rentang waktu yang jauh berbeda bahkan antara pulau satu dengan lainnya. Hal tersebut dipengaruhi juga oleh letak geografis sehingga pergerakan matahari lebih cepat atau lebih lambat dari daerah satunya.

Sebut saja waktu zuhur di Jakarta dengan waktu zuhur di Kalimantan, atau Sulawesi dan Papua pasti memiliki perbedaan yang tajam. Apalagi di daerah-daerah tersebut memiliki zonasi waktu tertentu sesuai bagian seperti Indonesia bagian Barat, Timur, dan Tengah.

Kalender Lima Waktu untuk Daerah Pekanbaru dan Sekitarnya

Berikut ini waktu isya, subuh, zuhur, ashar, dan maghrib yang telah ditetapkan secara resmi melalui penelitian dan kajian tim falakiyah berdasarkan fikih. Penetapan waktu ini berlaku selama bulan April 2022, khususnya di Pekanbaru dan akan terus bergeser di bulan-bulan berikutnya, lebih cepat ataupun lebih lama.

Jadwal salat untuk Pekanbaru
Jadwal salat untuk Pekanbaru (sumber : jadwalsholat.org)

Kalender lima waktu ini bisa menjadi petunjuk bagi Anda warga atau pendatang di Pekanbaru sehingga bisa mempersiapkan diri lebih dulu sebelum azan berkumandang. Apalagi di bulan Ramadhan 144 H karena umat Islam juga diharuskan berbuka sehingga waktu menjelang maghrib sangat dinanti-nanti.

Oleh sebab itulah Anda perlu menyimak jadwal salat bulan April 2022 ini untuk wilayah Anda, di Pekanbaru. Dengan begitu Anda akan semakin terbantu dalam menyiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan puasa Anda dan tentunya waktu salat.

Selamat menjalankan puasa!

Redaksi

Terkait

Leave a Reply