Jadwal Imsak Ramadan 1443 H untuk Wilayah Jawa Tengah

 Jadwal Imsak Ramadan 1443 H untuk Wilayah Jawa Tengah

Ramadan begitu cepat berlalu (Ilustrasi/Hidaytauna)

HIDAYATUNA.COM – Jadwal imsak Ramadan 1443 H menjadi sangat penting khususnya bagi warga Jawa Tengah yang mayoritas beragama Islam. Mengingat makan sahur memiliki batas waktu sebelum masuk subuh.

Setelah terbitnya fajar, umat Islam terhitung haram makan dan minum, juga melakukan hal-hal yang berhubungan dengan hawa nafsu. Oleh sebab itu, penting menyimak jadwal imsak untuk wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya agar makan sahur tidak terlewat dan puasa menjadi sah.

Jadwal imsak menjadi salah satu ikhtiar dari bentuk kehati-hatian agar makan sahur tidak sampai kelewat masuk ke waktu subuh atau lebih. Makan sahur dilakukan sebelum masuk waktu salat subuh, sementara itu tenggat waktu imsak dan azan subuh hanya terpaut beberapa menit.

Lembaga pemerintah hingga berbagai lembaga organisasi baik Islam maupun umum berlomba-lomba menerbitkan puasa Ramadan hingga tenggat waktu makan sahur. Berikut ini Hidayatuna umumkan jadwal imsak selama Ramadhan 1443 H atau kalender Masehi tahun 2022

Jadwal salat Ramadan 1443 H wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya
Jadwal salat Ramadan 1443 H wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya (sumber : Suara Muhammadiyah)

Hal ini cukup membantu bagi umat Islam yang ingin menjalankan ibadah puasa untuk lebih waspada dan berhati-hati dalam makan sahur. Umat Muslim pun akan lebih dini untuk mempersiapkan diri menjalani makan sahur, baik itu dengan mengolah makanan maupun mengatur waktu ibadah dan jam tidur.

Perlu menjadi perhatian bersama bahwa hal ini memang urgen keberadaannya. Namun beberapa pendapat menyebut, Anda masih boleh mengunyah makanan sahur sampai waktu subuh tiba (azan).

Jika sudah ada jadwal imsak Ramadan 1443 H ini, bukankan lebih mudah untuk mengikuti jadwal yang sudah ada? Hal ini juga dapat menjadi pilihan paling aman untuk mencapai syarat sah puasa. Wallahu’alam.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply