Jadwal Imsak Ramadan 1443 H di Yogyakarta dan sekitarnya

 Jadwal Imsak Ramadan 1443 H di Yogyakarta dan sekitarnya

Festival Sahur Dearborn Michigan (Ilustrasi/Hidaytauna)

HIDAYATUNA.COM, Yogyakarta – Jadwal imsak selama Ramadan 1443 H di Yogyakarta memiliki waktu yang tidak sama dengan daerah lainnya. Untuk itu, sebelum memasuki waktu sahur Anda perlu menyimak kalender puasa di Yogyakarta.

Rasulullah Saw dalam santap sahur lebih menganjurkan untuk mengakhirkan waktu sahur menjelang jadwal imsak berlangsung. Keutamaan dari mengakhirkan waktu sahur ini selain menunda lebih cepat lapar, juga mengantisipasi bangun siang sehingga salat subuh tidak terlewat.

Dengan kata lain, jadwal imsak ini dibuat untuk mendisiplinkan diri selama bulan Ramadan. Meski aktivitas ibadah bertambah dan mengurangi jam tidur, namun bukan berarti Anda boleh melewatkan salat subuh karena kesiangan.

Untuk itulah Hidayatuna merangkum waktu salat subuh dan batas makan sahur. Selain keutamaan di atas, mengakhirkan makan sahur akan menjadi jembatan Anda mendapat pahala sunah.

Menurut sejarah, dilansir dari Gramedia, batas waktu makan sahur ini pertama kali dikenalkan di Mesir pada Ramadan 1262 H/September 1846 M. Dicetak pertama kali di media yang bernama Bulaq , berikut batas sahur untuk Ramadan 1443 H:

JADWAL IMSAKIYAH RAMADHAN 1443 H UNTUK WILAYAH DI YOGYAKARTA DAN SEKITARNYA

Jadwal imsak Ramadan 1443 H di Yogyakarta
Jadwal imsak Ramadan 1443 H di Yogyakarta

Bagi penduduk Indonesia, negara yang mayoritas beragama Islam tentu tidak sulit untuk mengetahui waktu salat, hingga batas makan sahur. Apalagi bagi warga Yogyakarta atau pendatang yang tiap jam sahur, yakni sejak sepertiga malam sudah dibangunkan dengan toa masjid.

Bukan hanya membangunkan sahur, bahkan lantunan ayat suci Alquran kerap kali mengiringi istirahat malam Anda. Hampir 24 jam masjid tak berhenti beroperasi untuk memudahkan umat Muslim dalam menjalani ibadah di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Selamat menunaikan ibadah puasa 1443 H. Semoga kembali dipertemukan dengan jadwal imsak puasa Ramadan di tahun yang akan datang.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply