Jadwal Imsak Puasa Ramadhan 2022 Wilayah Jakarta dan Sekitarnya

 Jadwal Imsak Puasa Ramadhan 2022 Wilayah Jakarta dan Sekitarnya

Festival Sahur Dearborn Michigan (Ilustrasi/Hidaytauna)

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Untuk menjalani puasa sehari penuh selama Ramadhan, umat Islam sangat dianjurkan untuk makan sahur. Anda perlu memerhatikan jadwal imsak karena hal ini sebagai bentuk kehati-hatian agar tidak sampai kelewat masuk ke waktu subuh.

Makan sahur dilakukan sebelum masuk waktu salat subuh. Sementara jarak waktu imsak dan azan subuh hanya terpaut beberapa menit.

Dengan jarak yang singkat tersebut, maka pemerintah dan organisasi Islam menerbitkan jadwal imsak selama puasa Ramadhan. Berikut ini jadwal tersebut selama Ramadhan 1443 H atau kalender Masehi tahun 2022.

Jadwal imsak selama Ramadhan 1443 H (2022) untuk wilayah DKI Jakarta
Jadwal imsak selama Ramadhan 1443 H (2022) untuk wilayah DKI Jakarta (sumber: Muhammadiyah)

Penetapan batas waktu makan sahur ini menjadi salah satu bentuk ikhtiar dalam menghindari keterlambatan makan sahur. Sebab, setelah salat tarawih biasanya umat Muslim akan disibukkan dengan tadarus atau membaca Alquran hingga larut.

Aktivitas ibadah sunah tersebut dapat mencuri waktu tidur sehingga dikhawatirkan tertidur sampai larut malam. Tak jarang saat bangun mengalami kesiangan, jika tidak tahu kapan batas antara makan sahur dan jam mulai puasa, bisa saja subuh masih mengunyah.

Dengan adanya jadwal imsak ini akan memudahkan umat Islam untuk lebih waspada dan berhati-hati dalam makan sahur. Dengan begitu, umat Muslim akan lebih dini untuk mempersiapkan diri menjalani makan sahur, baik itu dengan mengolah makanan maupun mengatur waktu ibadah dan jam tidur.

Makan sahur nyaman dan lahap, ibadah dan istirahat pun seimbang sehingga puasa berjalan lancar dan badan tetap sehat. Namun jangan sampai lupa bahwa tugas Anda berpuasa bukan hanya menahan haus dan lapar, tetapi juga menahan hawa nafsu.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply