Jadwal Buka Puasa Wilayah Yogyakarta dan Sekitarnya

 Jadwal Buka Puasa Wilayah Yogyakarta dan Sekitarnya

Jadwal buka puasa Ramadan 1443 H di Yogyakarta (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM, Yogyakarta – Beberapa umat Muslim di Yogyakarta telah menetapkan jadwal buka puasa bersama pada Ramadan 1443 H atau bertepatan dengan tahun 2022 Masehi ini. Apalagi setelah pandemi yang membuat 2 Ramadan berlalu dengan pembatasan jarak (social distancing), tentu Ramadan kali ini lebih meriah.

Pasalnya, Pemerintah Kota Yogyakarta telah mengizinkan masyarakat menggelar buka puasa bersama. Aturan ini tertuang dalam edaran pedoman ibadah Ramadan 1442 H.

Di Yogyakarta sendiri, masjid-masjid biasa ramai oleh jemaah salat maghrib dan para pengunjung. Apalagi di bulan Ramadan, otomatis memantik ide takmir untuk menyusun agenda buka puasa bersama. Ide ini bermaksud untuk menjamu mereka yang berpuasa sehingga bisa beribadah sekaligus membatalkan puasanya di masjid.

Masyarakat tentu antusias menyambut keputusan ini, namun jangan hanya merencanakan jadwal buka puasa bersama saja. Meski sudah diperbolehkan, jangan lupa untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yakni kapasitas ruangan terisi 50 persen..

Bagi Anda, umat Muslim khususnya yang ada di kota budaya, Yogyakarta jika hendak mengadakan buka puasa bersama, jangan lupa simak waktunya berikut ini. Jadwal ini bisa Anda unduh dan bagikan dengan teman-teman atau rekan kerja agar tidak terlambat, apalagi sekadar wacana.

Silakan sesuaikan dan unduh di bawah ini:

JADWAL BUKA PUASA RAMADAN 1443 H/APRIL 2022 M

Jadwal buka puasa Yogyakarta
Jadwal buka puasa Yogyakarta

Buka puasa menjadi momen berharga yang dinanti-nanti sepanjang melakukan ritual keagamaan ini. Jelas, setelah sehari penuh menahan hawa nafsu, termasuk lapar dan haus tentu tubuh butuh asupan untuk tetap hidup dan sehat.

Puasa sendiri memiliki ragam manfaat secara medis, namun bukan berarti Anda harus melewatkan jam makan. Allah SWT. menganjurkan untuk menyegerakan makan ketika waktunya tiba. Islam sudah mengaturnya sedemikian rapi perihal jam makan di bulan Ramadan ini, yakni pada saat sahur dan buka.

Jadwal buka puasa ini bisa Anda jadikan patokan dalam mengundang saudara, teman, atau rekan kerja untuk berbuka bersama. Sebab, Rasulullah Saw sangat menganjurkan hal itu dan Allah SWT. pun menyukai ibadah tersebut.

Rasulullah Saw pernah mengundang sahabat beliau untuk makan sahur bersama. ‘Irbadh bin Sariyah berkata: “Aku diajak oleh Rasulullah Saw untuk sahur di bulan Ramadan. Beliau bersabda: “Mari nikmati makanan penuh berkah ini.”

Redaksi

Terkait

Leave a Reply