Isu Corona Picu Jamaah di Masjid Al-Aqsa Menurun

 Isu Corona Picu Jamaah di Masjid Al-Aqsa Menurun


HIDAYATUNA.COM, Yerusalem – Jumlah jamaah shalat Jumat  yang biasanya menyesaki Masjid Al-Aqsa tampak kosong. Jumlah jamaah (13/3) kemarin menurun drastis. Diperkirakan hanya mencapai sepertiga dari ruang dan serambi Masjid Al-Aqsa. Hal itu dipicu karena isu corona.

Departemen Wakaf Islam dan Urusan Masjid Al-Aqsa mengatakan, berkurangnya jamaah terkait himbauan otoritas untuk sementara membatasi kegiatan massal mengantisipasi wabah corona. Hal ini sebagaimana dikutip dari Anadolu Agency, Sabtu (14/3/2020).

Petugas Masjid Al-Aqsa mendapat tugas mensterilkan karpet sebelum dan sesudah setiap shalat, dan menyampaikan imbauan kesadaran melalui khotbah Jumat tentang virus corona.

Jamaah membawa sajadah masing-masing dan lebih memilih shalat di halaman terbuka di luar masjid.

Berkurangnya jamaah shalat Jumat di Al-Aqsa mengingat meningkatnya jumlah orang yang terinfeksi corona di Palestina. Warga lebih memilih shalat Jumat di masjid terdekat.

Sebelum Jumat, penjaga dan sukarelawan masjid membagikan pembersih tangan kepada para jamaah setibanya mereka di masjid.

“Para penjaga masjid memberi masker dan rombongan sukarelawan membagikan pembersih tangan kepada para jamaah begitu mereka tiba di masjid,” ujar petugas.

Departemen Wakaf Islam di Yerusalem sangat ingin menjaga Masjid Al-Aqsa dengan memenuhi persyaratan yang direkomendasikan oleh Departemen Kesehatan untuk mencegah penyebaran virus.

“Kami prihatin dengan berkurangnya jamaah, tapi pada saat yang sama kami juga maklum ini adalah untuk keselamatan para jamaah dalam mencegah virus corona di keramaian,” ujar petugas masjid.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply