Istri Gus Baha, Ning Winda Tenyata Bukan Orang Sembarangan!

 Istri Gus Baha, Ning Winda Tenyata Bukan Orang Sembarangan!

Istri Gus Baha bukan orang sembarangan (Ilust/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM, Yogyakarta – Istri Gus Baha, Ning Winda, bukanlah perempuan biasa. Istri dari kiai kharismatik asal Rembang itu merupakan putri seorang Kiai di sebuah Pondok Pesantren di Jawa.

Kenasaban istri dari Gus Baha itu diketahu dari Nyai Walidah Munnawwir. Disadur dari Studi Ilmu Quran (PSIQ) via Laduni, suatu hari Ning Winda sowan kepada Nyai Walidah Munawwir, istri dari KH Nawawi Abdul Aziz.

KH Nawawi Abdul Aziz sendiri merupakan pendiri dan pengasuh Ponpes An Nur, Ngrukem. Sesampainya di kediaman Nyai Walidah, belum sempat Ning Winda menjabat tangan Nyai Walidah, seketika dirinya dicerca pertanyaan oleh Nyai Walidah dalam Bahasa Jawa.

“Kamu Ning – anak kiai – mana?” Begitu arti pertanyaan Nyai Walidah kepada istri Gus Baha kala itu.

“Saya bukan Ning, Mbah,” jawab Ning Winda, dikutip dari Laduni.

Nyai Walidah mengulang kembali pertanyaan sama kepada Ning Winda. Dengan konsisten Ning Winda menjawab pertanyaan tersebut, bahwa dirinya bukanlah seorang Ning, bukan anak kiai mana pun.

Cucu Pendiri Pesantren Tertua di Indonesia

Mendengar jawaban Ning Winda, Nyai Walidah pun menegaskan pertanyaan serupa kepada istri Gus Baha. Bahkan Nyai Walidah sempat membeberkan nasab kewalian dari Ning Winda untuk membuatnya mengakui anak kiai mana.

“Kamu Ning mana? Orang kakek-kakekmu itu wali,” ujar Nyai Walidah.

Pertanyaan terakhir Nyai Walidah membuat Ning Winda terdiam seketika. Faktanya, Ning Winda merupakan cucu dari Kiai Hasani Sidogiri, salah satu pesantren tertua di Indonesia.

Pesantren yang didirikan kakek Ning Winda tersebut telah mencetak banyak alim dan wali-wali Allah. Pesantren Sidogiri dahulu kala dibabat oleh salah satu keturunan dari Sunan Gunung Jati, hingga keberkahannya mengalir sampai saat ini.

La ya’riful wali illal wali, tak ada yang tahu kewalian seseorang kecuali dia seorang wali. Walaupun Ning Winda tidak mengungkapkannya, namun Nyai Walidah mengetahui hal tersebut atas seizin Allah. Ini merupakan salah satu karomah Nyai Walidah.

Dahulu, keberadaan Gus Baha dan Ning Winda belum banyak yang mengetahui. Bahkan, Keberadaan Gus Baha diketahui oleh keluarga Ngrukem setelah Mbah Maimun Zubair sowan ke Mbah Nawawi Abdul Aziz.

Masya’Allah, pantas saja Gus Baha begitu kharismatik dalam menyampaikan dakwahnya. Selain beliau sendiri berasal dari keturunan ulama ternama, beliau juga didampingi oleh istri dari keluarga yang dimuliakan Allah SWT.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply