Israel dan Turki Jalin Lagi Hubungan Diplomatik

 Israel dan Turki Jalin Lagi Hubungan Diplomatik

Muslim Rusia (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Israel dan Turki telah mengumumkan era baru dalam hubungan diplomatik. Setelah lebih dari satu dekade, hubungan keduanya mengalami keretakan.

Hal itu disampaikan Presiden Israel, Isaac Herzog saat melakukan kunjungan ke ibu kota Turki, Ankara.

Herzog menggelar dialog kebangsaan dengan Presiden Recep Tayyip Erdogan pada Rabu (09/03). Hal ini merupakan kunjungan pertama di Turki setelah sejak Herzog menjadi orang nomor satu di Israel.

Sebelumnya mendiang Shimon Peres pernah melakukan kunjungan di parlemen Turki pada tahun 2007.

“Meletakkan dasar untuk mengembangkan hubungan persahabatan antara negara dan bangsa kita. Dan untuk membangun jembatan yang penting bagi kita semua,” kata Herzog dalam sebuah pernyataannya dikutip Kamis (10/3/2022).

Tampil di depan kamera setelah pembicaraan dengan Presiden Israel. Erdogan menggambarkan kunjungan tersebut sebagai “sejarah” dan “titik balik” dalam hubungan Turki-Israel.

Dia mengatakan Turki siap untuk bekerja sama dengan Israel di sektor energi. Selain itu, dia juga mengatakan bahwa menteri luar negeri dan energi Turki akan segera mengunjungi Israel untuk pembicaraan lebih lanjut tentang peningkatan kerja sama.

“Tujuan bersama kami adalah untuk merevitalisasi dialog politik antara negara-negara kami. Berdasarkan kepentingan bersama dan menghormati kepekaan timbal balik,” kata Erdogan

Kedua pemimpin mengakui, bagaimanapun, bahwa perbedaan tetap ada—paling tidak pada masalah Palestina.

“Kami menyatakan pentingnya yang kami lampirkan untuk mengurangi ketegangan di kawasan dan melestarikan visi solusi dua negara,” kata Erdogan.

Romandhon MK

Peminat Sejarah Pengelola @podcasttanyasejarah

Terkait

Leave a Reply