Inilah Ciri-ciri Wali Allah dalam Alquran

 Inilah Ciri-ciri Wali Allah dalam Alquran

Wali Allah di Nusantara(Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM – Wali Allah adalah mereka yang dipilih sebagai wakil untuk menyebarkan agama Allah di bumi ini. Alquran menyebut mereka adalah orang yang mendekat dan menolong agama Allah SWT. atau orang yang didekati atau orang yang ditolong Allah SWT.

M Afifudin Dimyathi, alumni Universitas Al Azhar menyebutkan ciri-ciri wali Allah yang disebutkan dalam Alquran sebagai berikut:

1. Tidak pernah merasa khawatir dan tidak pernah merasa susah

أَلَا إِنَّ أَوْلِيَاءَ اللَّهِ لَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ

“Ingatlah wali-wali Allah itu, tidak ada rasa takut pada mereka dan mereka tidak bersedih hati.” (QS. Yunus: 62)

2. Menetapi keimanan dan selalu menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangannya

 الَّذِينَ آمَنُوا وَكَانُوا يَتَّقُونَ

“(Yaitu) orang-orang yang beriman dan mereka selalu bertakwa.” (QS. Yunus: 63)

3. Selalu Istiqomah dan ikhlas dalam ketaatan dan mengikuti tuntunan Nabi

إِنَّ الَّذِينَ قَالُوا رَبُّنَا اللَّهُ ثُمَّ اسْتَقَامُوا تَتَنَزَّلُ عَلَيْهِمُ الْمَلَائِكَةُ أَلَّا تَخَافُوا وَلَا تَحْزَنُوا وَأَبْشِرُوا بِالْجَنَّةِ الَّتِي كُنْتُمْ تُوعَدُونَ

Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: “Tuhan kami ialah Allah” kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka dengan mengatakan: “Janganlah kamu takut dan janganlah merasa sedih; dan gembirakanlah mereka dengan jannah yang telah dijanjikan Allah kepadamu”. (QS. Fushshilat : 30)

4. Lebih memilih kematian dari pada kehidupan.

إِنْ زَعَمْتُمْ أَنَّكُمْ أَوْلِيَاءُ لِلَّهِ مِنْ دُونِ النَّاسِ فَتَمَنَّوُا الْمَوْتَ إِنْ كُنْتُمْ صَادِقِينَ

“Jika kamu mengaku bahwa sesungguhnya kamu sajalah kekasih Allah bukan manusia-manusia yang lain, maka harapkanlah kematianmu, jika kamu adalah orang-orang yang benar.” (QS. Al Jumuah: 6)

Dalam bahasa Arab “Wali” memiliki arti ‘seseorang yang dipercaya’ atau ‘pelindung’. Secara umum maknanya ialah menjadi ‘Teman Allah’ dalam kalimat walīyu ‘llāh. Sedangkan dalam Alquran, Wali Allah diartikan sebagai orang yang beriman dan bertakwa.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply