Ini Manfaat Sujud Dalam Shalat Bagi Kesehatan Tubuh

 Ini Manfaat Sujud Dalam Shalat Bagi Kesehatan Tubuh

Ini Manfaat Sujud Dalam Shalat Bagi Kesehatan Tubuh


HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Mungkin tak banyak yang tahu jika ternyata gerakan-gerakan dalam shalat memiliki manfaat medis bagi kesehatan tubuh manusia. Salah satunya adalah gerakan shalat saat sujud.

Dr. Jamal Muhammad Az-Zaki penulis Sehat dengan Ibadah menjelaskan aktivitas sujud berpotensi membantu membersihkan rongga-rongga hidung dengan cara menarik cairan-cairannya terlebih dahulu sehingga meminimalisir serangan peradangan terhadap rongga-rongga.

“Adapun rongga-rongga atas, maka sujud berpotensi membantu pembersihannya dari cairan berlebihan sehingga orang yang shalat tidak merasa pusing. Begitu juga dengan rongga-rongga bawah (sphenoidal), pembersihan (ethmoidal) dan dahi (frantal),” ungkap Dr. Jamal dikutip di halaman 109, sebagaimana dilansir Hidayatuna.com, Selasa (7/7/2020).

Dirinya menjelaskan manfaat lain sujud bagi kesehatan otak. Dr. Jamal menyebut sujud bisa meningkatkan suplai darah ke otak sehingga meningkatkan kinerja otak.

“Dengan begitu, maka suplai bahan-bahan makanan dan oksigen sampai kesana (otak) dengan mudah sehingga dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan lebih efektif,” sambungnya.

Sebagaimana diketahui bahwa otak merupakan pusat kontrol dalam seluruh tubuh dan pengaruh tidak adanya suplai darah ke otak dalam kadar yang memadai tampak sangat jelas pada orang-orang yang berdiri dalam waktu lama.

“Seperti pasukan penjaga keamanan yang seringkali mengalami pingsan secara tiba-tiba,” jelasnya.

Itulah mengapa sujud bagi kesehatan kemudian disebut mampu menghilangkan sakit kepala. Dimana dalam gerakan sujud mampu mengalirkan oksigen lebih baik menuju otak juga bermanfaat untuk meredakan hingga mencegah sakit kepala atau migraine.

Selain itu, gerakan sujud juga dapat mempertajam pikiran dan meningkatkan mental seseorang. Bukan hanya itu, sujud juga dapat memberikan tekanan lebih pada pembuluh darah halus dhingga bisa mencegah stroke.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply