Imam Masjid di Turki Ajak Bermain Anak-anak Usai Tarawih, Tempat Bermain Juga Disediakan Khusus

 Imam Masjid di Turki Ajak Bermain Anak-anak Usai Tarawih, Tempat Bermain Juga Disediakan Khusus

Imam Masjid Ajak Anak-anak Bermain Usai Tarawih

HIDAYATUNA.COM – Kita tentu akrab atau paling tidak pernah mendengar, anggapan bahwa mengajak anak-anak ke masjid akan mengganggu khusyuknya ibadah? Benarkah demikian? Jika anggapan ini masih ada dilingkungan anda, sungguh sangat ironi.

Kalau sejak kecil anak-anak tidak dibiasakan agar senang berada di masjid, mana mungkin kita bisa berharap kepada mereka kedepan bisa memakmurkan masjid.

Tampaknya kita harus belajar dari negara Turki. Masjid tidak hanya difungsikan sebagai tempat ibadah dan belajar agama semata. Kita harus juga mengakomodasi kebutuhan anak yaitu bermain.

Masjid di Turki sangat ramah anak, bagaimana tidak di bulan Ramadan ini seusai tarawih mereka diajak bermain oleh imam masjid. Hal ini dilakukan agar anak-anak senang datang dan betah berada di masjid.

Beberapa masjid baru di Turki bahkan menyediakan tempat bermain khusus. Anak-anak bisa bermian aneka mainan dan orang tua mereka bisa menjalankan salat tarawih dengan khusyuk.

Salah satu masjid yang menyediakan tempat bermian bagi anak adalah Masjid Ahmet Hamdi Akseki. Disana disediakan area khusus bermain untuk anak-anak. Disediakan juga aneka mainan yang bisa dimainkan oleh anak-anak.

Masjid Ramah Anak-anak
Masjid Ahmet Hamdi Akseki

Bila masjid tidak ada tempat bermain di dalamnya, disiapkan diluar masjid seperti taman-taman. Hal ini dimaksudkan untuk menegaskan bahwa masjid menjadi pusat orang berbahagia.

Apa yang dilakukan di masjid-masjid di Turki ini berdasarkan titah pendahulu mereka, Muhammad Al-Fatih, penakluk Konstantinopel yang mengatakan: “Jika suatu masa kamu tidak mendengar gelak tawa anak-anak, riang gembira di antara shaf shalat di masjid-masjid, maka sesungguhnya takutlah kalian akan datangnya kejatuhan generasi muda di masa itu.”

Semoga masjid-masjid di Indonesia dapat meniru hal serupa yaitu mewujudkan masjid ramah anak dan menjadikan mereka senang berada di masjid.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply