Imam Besar Masjidil Haram: Makkah Akan Segera Dibuka Kembali

 Imam Besar Masjidil Haram: Makkah Akan Segera Dibuka Kembali

HIDAYATUNA.COM – Imam Besar Sheikh Abdul Rahman Al-Sudais mengabarkan bahwa Masjidil Haram akan segera dibuka kembali setelah sempat ditutup karena pandemi Covid-19. Pernyataan itu diperkuat legitimasinya oleh Kementerian Haji dan Umroh sebagai wakil pemerintah pada Kamis (30/4/2020).

Imam Besar Masjidil Haram Sheikh Abdul Rahman Al-Sudais pidato sekaligus menyatakan bahwa Masjidil Haram akan segera dibuka untuk umum.

“Hari-hari itu akan segera tiba, ketika kesedihan berhasil diusir, dan umat Islam akan kembali ke dua masjid paling suci untuk tawaf (mengeliling Ka’bah), sa’i (ritual berlari kecil sebanyak tujuh kali dari Bukit Shafa ke Bukit Marwah dan sebaliknya), serta salat di Al-Rawdah Sharif dan menyapa Nabi Muhammad SAW,” tuturnya.

Kementerian Haji dan Umroh Arab Saudi mengumumkan lewat Twitter bahwa Makkah akan dibuka dalam waktu dekat. Meskipun begitu waktu pastinya belum diumumkan.

“Insya Allah, di bawah kepemimpinan pemerintah kita yang bijaksana, dan sejalan dengan komitmen kita untuk mematuhi prosedur dan instruksi yang dikeluarkan oleh otoritas yang kompeten, Makkah akan dibuka dalam waktu dekat ini,” demikian bunyi pengumuman tersebut sebagai mana dikutip Hidayatuna.com.

Rencana segera dibukanya Makkah dan Masjidil Haram ini merupakan kabar gembira bagi umat muslim. Pasalnya umat Islam di seluruh dunia dapat berkunjung dan beribadah seperti biasanya.

“Umat Islam dari seluruh penjuru dunia dapat berkunjung dan kembali melaksanakan ibadah di Masjidl Haram, maupun Masjid Nabawi di Madinah,” tulis pernyataan tersebut.

Sebelumnya dikabarkan sejumlah kota di Arab Saudi ditutup atau lockdown guna mencegah penularan virus corona (COVID-19). Di antara kota tersebut adalah Madinah dan Makkah. Namun belakangan ini dikabarkan Makkah dan Madinah akan dibuka.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply