Imam Besar Ghana Desak Umat Muslim Rayakan Idul Adha di Rumah

 Imam Besar Ghana Desak Umat Muslim Rayakan Idul Adha di Rumah

Imam Besar Ghana Desak Umat Muslim Rayakan Idul Adha di Rumah

HIDAYATUNA.COM – Kepala Imam Nasional Ghana Sheikh Osman Nuhu Sharubutu, mendesak umat Islam untuk merayakan Idul Adha tahun ini di rumah sebagaimana yang telah mereka lakukan selama Idul Fitri untuk membantu mengendalikan penyebaran Covid-19.

Dilansir dari Modern Ghana pernyataan tersebut secara resmi disampaikan oleh Sheikh Armiyawo Shaibu, Juru Bicara Kepala Imam dan disiarkan oleh Kantor Berita Ghana pada Jum’at (24/7/20).

Shaibu juga menyampaikan bahwa keputusan bahwa umat Muslim harus merayakan Idul Adha di rumah telah dikonsultasikan sebelumnya dengan berbagai komunitas Muslim di negara itu sehubungan dengan pandemi Covid-19.

“Untuk menghindari risiko lonjakan penyebaran virus, metode perayaan yang diadopsi untuk perayaan Idul Fitri 2020 harus direplikasi sehingga, umat Muslim dapat merayakan di rumah masing-masing,” kata Shaibu dikutip hidayatuna.com, Sabtu (25/7/20).

Pernyataan tersebut juga menyampaikan bahwa hari raya dalam tradisi umat Muslim adalah melaksanakan sebuah perayaan yang kerap dilaksanakan di luar rumah sehingga risiko pelanggaran terhadap protokol kesehatan dan pembatasan peribadatan (hanya 100 jamaah) yng ditetapkan pemerintah. Oleh karenanya penting untuk melaksanakan perayaan Idul Adha di rumah masing-masing.

Kepala Imam Nasional juga meminta kepada umat Muslim untuk terus mematuhi protokol keselamatan Covid-19 yang ada terutama selama acara perayaan. Penyembelihan dan distribusi hewan kurban harus dilakukan secara higienis.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply