Ijazah dari Gus Baha Agar Menjadi Orang yang Berwibawa

 Ijazah dari Gus Baha Agar Menjadi Orang yang Berwibawa

Ijazah Gus Baha agar menjadi orang yang berwibawa (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM, Yogyakarta – Gus Baha terkenal sebagai ulama kharismatik dan berwibawa sehingga disegani oleh banyak orang. Lalu, adakah ijazah khusus Gus Baha sehingga membuat Allah mengangkat derajat dengan menjadikan hamba-Nya orang yang berwibawa di dunia-akhirat?

Gus Baha mengungkapkan ijazah agar disegani manusia adalah merasa benar-benar takut kepada Allah SWT. Bahkan bukan hanya manusia, makhluk lain, termasuk malaikat juga akan segan dan hormat dengan mereka yang takut kepada Allah SWT.

“Merasa benar-benar takut kepada Allah SWT. tidak cukup hanya sekadar takut saja. Lantas kita memperoleh manfaat dari rasa takut tersebut,” ungkap Gus Baha membeberkan maksud ‘rasa takut’.

Tentunya tidak semudah itu, lanjut Gus Baha. Benar-benar takut kepada Allah dimaknai sebagai sebuah kondisi batin yang merasa sangat takut dan bersalah jika melanggar ketentuan-ketentuan Allah SWT.

“Malaikat juga makhluk yang takut kepada Allah. Jika disebut nama “Allah” pasti ia gemetar. Malaikat juga takut Tuhannya,” tegas Gus Baha dalam kajiannya di Youtube Santri Gayeng.

“Maka, jika kamu benar-benar takut Allah SWT, malaikat pun akan takut kepadamu. Jadi, orang yang benar-benar-benar takut kepada Allah SWT, pasti yang lain menjadi segan,” imbuhnya.

Menghafal Surah al-Mulk

Gus Baha juga mengungkapkan ijazah yang membuat malaikat Munkar dan Nakir akan segan kepada manusia. Beliau menegaskan bahwa ketika seseorang hafal surah al-Mulk, maka di akhirat kelak dua malaikat tersebut akan segan untuk menyiksanya.

Ada keutamaan lain dari menghafal surah al-Mulk, sebagaimana diungkapkan Gus Baha. Menghafal surah al-Mulk akan membuat diri kita  memancarkan nur (cahaya), inilah yang nanti akan memancarkan aura kewibawaan dihadapan malaikat.

“Yang mutawatir itu Surah Tabarok (al-Mulk). Jadi nanti kalau Munkar-Nakir menyiksa orang zalim, tapi hafal Surah Tabarok mereka kebingungan. Saya pernah cerita, kenapa Surah Tabarok begitu popular,” terang Gus Baha.

“Kalau tidak percaya, silakan lihat tentang fadhilah Surah Tabarok. Orang ini zalim, ketika hendak disiksa, Surah Tabarok menjelma menjadi secercah cahaya. Lalu nur Surah Tabarok berkata, “Hai, Munkar-Nakir, kamu tidak menghargaiku, aku ini firman Allah,” jelas Gus Baha memaparkan.

Lalu Munkar Nakir berkata, “Aku diutus Allah untuk menyiksa orang zalim. Dan kamu orang zalim,” cerita Gus Baha.

”Lalu Surah Tabarok berkata, ‘Masalahnya aku ini ada dalam hatinya. Kalau kamu menyiksa dia akan mengenai saya juga. Karena aku di dalam dadanya,” ucap Gus Baha.

Gus Baha menekankan pentingnya menghafal surah al-Mulk untuk mendapatkan keutamaannya.

“Makanya kamu harus hafal. Tidak boleh bawa Quran, syaratnya harus hafal,” tegas Gus Baha.

Mengutip hadis Nabi Saw, Gus Baha menerangkan bahwa ketika seseorang hafal surah al-Mulk, malaikat Munkar Nakir tidak akan menyiksanya.

“Hadis shahih yang artinya, “Allah tidak akan menyiksa hati yang hafal Alquran. Hafal Tabarok saja begitu, apalagi yang hafal 30 juz. Apalagi yang paham, malah keren. Makanya saya percaya diri, bukan karena sombong, tapi karena iman akan syafa’at Alquran,” pungkas Gus Baha.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply