Hikmah Covid-19, MUI Papua Barat: Kita Bisa Beribadah Bareng Keluarga

 Hikmah Covid-19, MUI Papua Barat: Kita Bisa Beribadah Bareng Keluarga


HIDAYATUNA.COM, Manokwari – Ketua Majelis Ulama Indonesia, atau MUI Papua Barat, Ahmad Nasrau mengatakan ada hikmah tersendiri dalam menjalani ibadah puasa di tahun ini ditengah pandemi virus Corona, atau yang lebih dikenal dengan sebutan covid-19. Menurutnya hikmah tersebut adalah seseorang bisa berkumpul dan melaksanakan ibadah bareng kaluarga mereka lebih sering lagi.

“Hikmah di balik pandemi Corona Virus di bulan Ramadhan ini agar kita mendekatkan diri berasa keluarga kepada Allah SWT dengan lebih banyak di rumah,” kata Ahmad Nasrau, dikutip pada Ahad (3/5/2020).

Menurut Ahmad Nasrau, selama ini mungkin umat Muslim jarang berkumpul dengan keluarga terutama saat melakukan ibadah-ibadah wajib maupun sunnah.

“Kini ditengah wabah ini umat bisa lebih dekat bersama keluarga, menjadi imam bagi suami dan saling belajar melerdalam Ilmu Agama,” jelas Ketua MUI Papua Barat tersebut.

Ahmad Nasrau mengatakan, Umat Islam dalam menghadapi wabah semacam virus Corona sebenarnya telah memiliki panduan konsep yang sudah pernah di lalui sebelumnya, baik melalui hadis Nabi Muhammad maupun pada saat kepemimpinan Khalifa Umar Bin Khatab.

“Bila kamu mendengar wabah di suatu daerah maka kalian jangan memasukinnya. Tetapi jika wabah terjadi di Daerah kamu berada, maka jangan tinggalkan tempat itu, lalu Umar bin Khatab berbalik arah meninggalkan Sargh (Hadis Riwayat Bukhari dan Muslim),” ungkap Ahmad Nasrau.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply