Haedar: Pemimpin Harus Punya Kapasitas Untuk Membangun

 Haedar: Pemimpin Harus Punya Kapasitas Untuk Membangun

Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir Jelaskan Pemimpin Harus Punya Kapasitas Untuk Membangun

HIDAYATUNA.COM, Yogyakarta – Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir, menyampaikan bahwa pemimpin harus memiliki prinsip untuk menyelamatkan keadaan di saat genting. Untuk itu pemimpin harus memiliki kapasitas untuk membangun sesuatu dan hal tersebut memerlukan visi, pemikiran serta kemampuan.

Ia menilai bahwa Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah (PTMA) dapat tumbuh dari kecil menjadi besar dikarenakan kemampuan membangun para pimpinannya.

“Muhammadiyah kultur membangunnya itu kuat, sehingga kita harus punya gagasan untuk menjadikan PTMA sebagai center of excellent dan pusat kemajuan atau keunggulan, itu tidak lain kita harus punya kemampuan membangun,” ungkap Haedar Nashir dilansir dari laman resmi Muhammadiyah, Kamis (27/2/2020).

Haedar juga mengingatkan tentang disrupsi yang bukan hanya sekadar beralih kepada revolusi industri 4.0. Yaitu ketika teknologi menjadi bagian dari segenap denyut kehidupan yang tak terbantahkan, apalagi telah menggeser perilaku keseharian.

Oleh karena itu, menghadapai era ini adalah dengan melahirkan kemampuan di atas rata-rata atau mengajak untuk semakin berkerasi dan berinovasi.

Haedar berharap kepada para pimpinan baik yang berada di Pendidikan Tinggi Muhammadiyah atauapun ‘Aisyiyah harus tetap menjadi pendidik, meskipun disisi lain tetap menjadi manajer atau leader. Oleh sebab itu, Hardar menekankan bahwa, tugas utama penyelenggara pendidikan adalah untuk mencerdaskan bangsa.

“Muhammadiyah sebagai garda terdepan pembaharuan, maka dari perguruan tingginya harus lahir pemikiran-pemikiran besar jika umat memerlukannya. Sehingga harus mampu menghasilkan akademisi yang juga intelegensia, yang berfikirnya betul-betul memberi pencerahan. Maka thinking culture seperti ini harus dibangun,” tandasnya.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply