Haedar Nashir: Umat Islam Harus Menjadi Umat Terbaik

 Haedar Nashir: Umat Islam Harus Menjadi Umat Terbaik


HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir menjelaskan bahwa penafsiran Islam sebagai agama pencerahan yang solutif perlu kebersamaan semua pihak dan meninggalkan perseteruan yang tidak penting.

“Peran yang harus terus kita lakukan bersama kekuatan bangsa yang lain adalah bagaimana umat Islam menjadi umat terbaik,” ujar Haedar Nashir dilansir dari laman resmi Muhammadiyah, Ahad (26/4/2020).

Menurut dia, seorang muslim tidak bisa menampilkan Islam yang baik jika umatnya tidak unggul. Dan lanjut dia, Muhammadiyah juga tidak bisa unggul jika tidak membangun.

“Tidak perlu mempertentangkan perbedaan,” sambungnya.

Bagi Haedar Nashir, dengan membangun semua kekuatan itu, maka umat Islam akan punya modal.

“Saya percaya kekuatan bangsa menjadi kekuatan kolektif dengan mensinergikan kekuatan. Ketika negara tidak pada relnya, kita bisa berperan di garis depan. Saya yakin dengan Islam yang menyeluruh, basis Muhammadiyah yang kuat dan kita kapitalisasi maka peran Muhammadiyah akan menjadi energi positif bagi bangsa,” jelasnya.

Islam sebagai agama pencerahan yang diyakini Muhammadiyah adalah berciri sebagai pemberi solusi dalam segala hal. Termasuk dalam masa darurat corona saat ini.

“Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah sejak awal kemerdekaan kiprahnya luar biasa untuk bangsa, negara, kemakmuran dan kesejahteraan semesta tanpa berpikir untuk diri kita sendiri. Artinya kita ingin menghadirkan agama yang mencerahkan yang hadir untuk memecahkan masalah,” kata Haedar Nashir.

Menurutnya, Muhammadiyah adalah gerakan Islam dakwah amar makruf nahi munkar dan tajdid untuk mewujudkan masyarakat Islam yang sebenar-benarnya.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply